Headlines News :
Home » , » Hampir Semua Kepala Daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau Deklarasikan Dirinya Untuk Memenangkan Jokowi-Ma'ruf. LSM KPK Nilai Bawaslu Riau Gagal Jalankan Fungsinya

Hampir Semua Kepala Daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau Deklarasikan Dirinya Untuk Memenangkan Jokowi-Ma'ruf. LSM KPK Nilai Bawaslu Riau Gagal Jalankan Fungsinya

Written By Harian Berantas on Friday, October 12, 2018 | 8:44:00 AM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU-- Sekretaris umum dpp lsm Komunitas Pemberantas Korupsi (KPK) Bowonaso Laia yang akrap disapa B. Anas, menyambangi kantor bawaslu Propinsi Riau, Rabu, (11/10/2018 disambut oleh salah satu Komisioner bawaslu Propinsi Gema Wahyu.

Kedatangan B. Anas ini untuk mempertanyakan tanggungjawab bawaslu terkait lolosnya para kepala daerah yang mendeklarasikan diri disertai penandatanganan Dukungan Penuh kepada salahsatu Capres-Cawapres nomor urut 1 Jokowi-Ma'ruf yang diselenggarakan oleh Pro Jokowi (Projo) di hotel Aryaduta Pekanbaru-Riau, Rabu, (10/10/2018) kemaren.

Ditergaskan B.Anas, bahwa salahsatu tugas/fungsi bawaslu adalah mencegah terjadinya berbagai macam pelanggaran sebelum diselenggarakan pemilu salah satunya perbuatan ke 11 orang para kepala daerah yang telah dipilih dan dipercaya oleh masyarakat, bukan sebaliknya malah menyayat hati masyarakat.

"Ya, atas perbuatan mereka yang mendeklarasikan dirinya masing masing sebagai kepala daerah untuk mendukung penuh salah satu Capres-Cawapres, membuat hati masyarakat Riau tersakiti bagaikan disayat silet"

B. Anas juga meminta pihak bawaslu untuk segera merekomendasikan para kepala daerah tersebut untuk ditindak tegas hingga pencopotan dari jabatannya sesuai undangan undangan yang berlaku. Dan lsm KPK siap mendukung bawaslu Propinsi Riau bila ada yang mencoba coba di tekanan atau di intervensi oleh siapapun.

Sedangkan komisioner bawaslu Propinsi Riau, Gema Wahyu mengatakan, kami berterima atas kritik dan dukungan dari masyarakat ke kami. Bawaslu Riau berjanji akan segera memanggil para kepala daerah se-Riau tersebut yang diduga telah melalukan pelanggaran pemilu.

"Bawaslu jadwal pemanggilan Rabu depan. Apabila di temukan pelanggaran, kita akan serahkan ke pihak berwajib".

Selain kepala daerah tersebut, Bawaslu juga akan memanggil pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau. Katanya

Gema menegaskan bahwa tidak Etis para kepala daerah se-Riau mendeklarasikan dirinya untuk mendukung salah satu Capres-Cawapres. Seharusnya mereka itu netral dan menjaga kesejukkan pemilu yang aman dan damai, namun sebaliknya. Tegas Gema.

Berikut nama nama kepala daerah yang menyatakan dirinya untuk siap mendukung sepenuhnya pemenangan Capres-Cawapres No.urut Jokowi-Ma'ruf, sebagai berikut 2019 mendatang:

  1. Drs.H.Syamsuar,M.Si atas nama sebagai Gubernur Riau terpilih
  2. Brigjen Edy Nasution sebagai Wakil Gubernur Riau terpilih;
  3. Dr.H.Firdaus,MT atas nama sebagai Walikota Pekanbaru;
  4. Drs.H.Zulkifli AS,M.Si atas nama walikota Dumai;
  5. Amril Mukmin, SE.MSi atas nama Bupati Bengkalis;
  6. H.Azis Zaenal,SH.MM atas nama Bupati Kampar;
  7. Drs.H.Irwan Nasir,M.Si atas nama Bupati Kepulauan Meranti;
  8. Drs.H.Mursini,M.Si atas nama Bupati Kuantan Singingi;
  9. H.M.Harris atas nama Bupati Pelalawan;
  10. Drs.H.M. Wardan,MP atas nama Bupati Indragiri Hilir;
  11. H.Suyatno,AMP atas nama Bupati Rokan Hilir.
Kesemuanya nama nama kepala daerah diatas memberikan dukungan dengan mempertaruhkan jabatan mereka sebagai kepala pemerintah yang mereka pimpin masing masing.  Hingga berita ini diturunkan para kepala daerah se-Riau diatas belum berhasil di minta keterangan Persnya (Akmal, SH)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas