Headlines News :
Home » » Desa Sei Dawu Sukses Laksanakan Padat Karya Tunai Tahap II APBN 2018

Desa Sei Dawu Sukses Laksanakan Padat Karya Tunai Tahap II APBN 2018

Written By Harian Berantas on Monday, October 29, 2018 | 3:00:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Mantap..! Kegiatan program Padat Karya Tunai ( PKT ) berupa pembuatan saluran Drainase sepanjang 225 meter dengan lebar 40 Centimeter dan tinggi 60 Centimeter dikerjakan langsung oleh puluhan warga Desa Sei Dawu berjalan sukses, Senin (29/10).

Camat Rengat Barat, Hendry, S.Sos & Kades Sei Dawu, Achmad Isa, meninjau langsung Lokas Proyek

Kegiatan pekerjaan pembuatan saluran Drainase ini bersumber dari Dana Desa ( DD ) tahap II APBN 2018 hanya menelan anggaran sebesar Rp 124 Juta terletak di Rt 06 Rw 03 Dusun II Desa Sei Dawu Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri hulu.

Pada kesempatan itu, Camat Rengat Barat, Hendry S.Sos ikut hadir menyaksikan langsung pelaksanaan pekerjaan pembuatan saluran Drainase tersebut. Program Padat Karya Tunai ( PKT) yang dikerjakan langsung oleh warga setempat sangat membantu perekonomian desa. Artinya, bagi warga yang pengangguran bisa membantu pendapatan untuk kebutuhan hidup keluargannya, "kata Hendry.

Khusus untuk Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri hulu, bahwa program PKT yang bersumber dari DD tahap II APBN 2018 itu sudah hampir semua desa melaksanakannya. Sementara DD tahap III APBN 2018 belum terealisasi dari Pemerintah Pusat atau Kementrian Pedesaan.

Hendry menambahkan, program PKT yang dilaksanakan oleh Kades Sei Dawu, Achmad Isa sudah sangat tepat dengan tujuan awal Pemerintah Pusat yaitu untuk membantu perekonomian warga. Di samping warga yang mengerjakan dan mengawasi, warga juga yang merasakan manfaatnya. Saya ucapkan terima kasih sama Kades Achmad Isa. Tingkatkan terus untuk pembangunan desa kedepannya.

Sementara Kepala Desa Sei Dawu, Achmad Isa selaku tuan rumah pelaksana kegiatan pembuatan saluran Drainase sepanjang 225 meter dikerjakan langsung oleh warga Desa Sei Dawu. Puluhan orang warga ikut serta sebagai tenaga kerja dan pihak Tehnis Pelaksana Kegiatan ( TPK ) program PKT melalui Bendahara desa akan membayarkan upah sebagai jasa bagi warga yang bekerja secara bervariasi.

Achmad Isa menambahkan, program PKT ini akan tetap berlangsung untuk infrastruktur lainnya yang juga sedang kita tunggu proses pencairan DD tahap III APBN 2018 nanti. Saya selaku Kades Sei Dawu hanya menjalankan program nasional Pemerintah Pusat. Tujuannya sudah sangat jelas yaitu untuk meningkatkan atau membantu perekonomian warga setempat. Warga yang mengerjakan, warga juga yang mengawasi serta katakan manfaatnya, "ucap Kades 2 periode ini.

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program PKT ini khususnya warga sehingga program PKT ini bisa terselenggara dengan sukses sesuai harapan kita bersama. Mari kita tingkatkan saling bantu membantu, saling peduli terhadap sesama warga dan saya harap jangan segan segan berikan masukan yang positif demi pembangunan desa kedepannya, "harapnya. (Lamhot Manurung)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas