Headlines News :
Home » » PT TPP Bersama PMI Inhu Gelar Donor Darah

PT TPP Bersama PMI Inhu Gelar Donor Darah

Written By Harian Berantas on Saturday, September 15, 2018 | 7:35:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU-Management PT Tunggal Perkasa Plantations ( TPP ) Pasir Penyu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau menggelar kegiatan amal donor darah, Sabtu (15/9) di Mess PT TPP Pasir Penyu Kecamatan Pasir Penyu.
Kegiatan amal donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang setiap enam bulan sekali dilaksanakan oleh pihak Management PT TPP. "Saya mengapresiasi perusahaan-perusahaan swasta, khususnya PT TPP yang sudah berkontribusi dalam kegiatan amal donor darah ini, "kata Elpahri Adha, S.Sos. MH kepada awak media di sela-sela kegiatan amal donor darah berlangsung.

Ketua panitia kegiatan amal donor darah, Elpahri Adha mengatakan kegiatan amal donor darah melalui Unit Transplantasi Darah (UTD) PMI Kecamatan Pasir Penyu bekerjasama dengan pihak management PT. TPP Pasir Penyu.

Animo masyarakat Pasir Penyu sangat antusias berpartisipasi memberikan darahnya diambil untuk disumbangkan ke PMI Inhu. Tak ketinggalan puluhan karyawan PT TPP dan karyawan Dealer Honda Pasir Penyu ikut andil mendonorkan darahnya dalam kegiatan yang mulia ini.

"Semua kantong darah yang sudah terkumpul, akan kita serahkan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Pematang Reba untuk dipergunakan masyarakat Inhu" ucap Elpahri.

Selain kegiatan amal donor darah, pihak management PT TPP mengandeng Rumah Sakit (RS) Awal Bros mengadakan pelayanan kesehatan secara gratis. Seperti, pelayanan pemeriksaan asam urat, pemeriksaan kolesterol dan pemeriksaan diabetes.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Kab Inhu, Mailiswin mengatakan, kegiatan amal donor darah ini mendapat respon positif dari masyarakat Pasir Penyu. Hal ini dapat dilihat banyaknya masyarakat yang hadir menjadi peserta donor darah.

Boleh dikatakan sangat tinggi karena melibihi dari target, dimana darah yang sudah terkumpul mencapai 70 kantong darah. Sayangnya, akibat keterbatasan minimnya kantong darah, sehinggga 12 orang warga Pasir Penyu gagal diambil darahnya.

Yang menjadi kendala PMI Inhu sekarang ini adalah kantong darah dan tenaga medis. Kalau sumber bank darah, memang sangat tinggi pesertanya. Khususnya masyarakat Pasir Penyu dan masyarakat Kecamatan lainnya, "sebut pensiunan ASN Inhu ini.

Terpisah, Community Development Officer (CDO) PT Tunggal Perkasa Plantations ( TPP ) Pasir Penyu, Dede Putra Kurniawan mengatakan, management PT TPP Pasir Penyu menfasiltasi sarana dan prasarana pada kegiatan amal donor darah, dan tenaga medis untuk pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Adapun kegiatan amal donor darah dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat tersebut bekerjasama dengan pihak PMI Kabupaten Inhu dan pihak Rumah Sakit (RS) Awal Bross Pekanbaru. Jadi, kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun oleh pihak management PT TPP.

Artinya, management PT TPP Pasir Penyu sangat serius atau sangat peduli terhadap hal-hal yang menyangkut kemaslahatan sosial bagi masyarakat Inhu, khususnya bagi masyarakat Pasir Penyu dan sekitarnya, "kata Dede kepada awak media.

Wakil Ketua II DPRD Inhu,  Adila Ansori menyampaikan apresiasi kepada pihak management PT TPP Pasir Penyu yang sudah membantu sarana dan prasarana pada kegiatan amal donor darah, juga dengan adannya pemeriksaan  kesehatan masyarakat secara gratis. Khususnya, kepada pihak PMI Inhu, selaku perpanjangan tangan dari Pemkab Inhu yang melaksanakan kegiatan amal donor darah bekerjasama dengan pihak perusahaan tersebut.

Diharapkan kepada pihak Pemkab Inhu agar merespon PMI Inhu untuk memfasilitasi tentang sarana prasarana dan  mobilisasi serta tenaga medis juga bangunan fisiknya, kemudian diminta pihak RSUD Indrasari Rengat juga agar mengusulkan fasilitas PMI Inhu yang masih terbatas tersebut.

Karena  pada tahun 2017 lalu, pihak PMI Inhu melalui reses dewan sudah di usulkan dan bahkan  pada saat rapat Paripurna Dewan sudah disampaikan Komisi IV DPRD Inhu oleh Arif Ramli agar usulan PMI di  direspon pihak pemerintah Inhu sebab kegiatan donor darah yang disumbangkan masyarakat sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan" tegasnya (L. Manurung)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas