Headlines News :
Home » » Ketua Satma IPK Kota Pekanbaru Menyayangkan Cuitan Ketua Satma PP Selat Panjang di salahsatu Media Online

Ketua Satma IPK Kota Pekanbaru Menyayangkan Cuitan Ketua Satma PP Selat Panjang di salahsatu Media Online

Written By Harian Berantas on Monday, September 17, 2018 | 7:11:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Ketua Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kota Pekanbaru, Wira Anugrah Siregar, SH tanggapi pernyataan ketua satma PP kepulauan meranti, Bobi sebagaimana dilansir oleh salah satu media online.

Menurut Wira Anugrah Siregar, SH, seharusnya saudara Bobi selaku ketua Satma PP selat Panjang tidaj ikut campur urusan jurnalis dengan nara sumber. Karena jurnalis berhak menggali informasi yang akurat dan akuntabel. Katanya kepada sejumlah media, Senin (17/09/2018).

Wira sangat menyayangkan pernyataan kepada sejumlah awak media mengatakan pandanganya saat di wawancarai oleh media mengatakan bahwa sikap Bobi yang disebut sebagai ketua satma PP selat panjang itu sangat terkesan membela pihak saksi bupati itu.

"Pernyataan sdr. Bobi, saya pikir itu terkesan membela narasumber, ada apa sebenarnya??"

"Sdr.Bobi terkesan ikut mengintervensi media yang bekerja di pengadilan saat itu. Hal ini bisa jadi menambah kekeruhan dalam permasalah masalah yang ada," kata Wira dengan tegas.

Menurut anak muda berdarah medan dan  juga aktif di organisasi kemahasiswaan itu, jika memang Bobi merasa ada yang janggal dengan sikap sejumlah oknum wartawan saat melaksanakan tugasnya dilapangan, sebaiknya tak usah ikut campur dan diserahkan sepenuhnya kepada kedua belah pihak untuk menyelesaikannya atau biarkanlah saksi terlapor itu yang mengajukan keberatan atas sikap sejumlah oknum wartawan itu, untuk menghilangkan kesan bela-membela atau bahkan semacam ancaman bagi wartawan yang meliput.

,"Begini ya, jika memang adanya sikap sejumlah wartawan yang tidak etis, semua pihak menyayangkan itu, termasuk saya sendiri, namun kita harus hormati hak-hak profesi wartawan dengan menyerahkan persoalan itu kepada kedua belah pihak, baik wartawan maupun sasksi pelapor yang merasa dirugikan, tentu dengan cara-cara yang telah diatur, bukan dengan kesan bela-membela yang bisa disalah artikan publik,"teranga Wira.

Bagi Wira selaku ketua Satma IPK Kota pekanbaru dirinya selaku pemimpin organisasi berbasis nasional, yang dipercaya memimpin organisasi sayap IPK itu, merasa penting untuk berfikir secara jernih dan fair tanpa terkesan membela kelompok atau siapapun, sebab konon menurutnya persoalan dugaan kriminalisasi pers ini, sangat menganggu kinerja pers dalam melakukan tugasnya, sehingga bisa saja seorang oknum wartawan merasa emosional pada saat mereka merasa tidak dihargai atau dihalangi.

Kemungkina yang dikatakan saudara Bobi itu ada benarnya. Akan tetapi kita harus fair dan arif dalam menyikapi perihal itu, sebab saya bisa rasakan perasaan rekan-rekan media yang merasa di kriminalisasi dan tidak dihargai saat mereka (wartawan_red) melakukan wawancara, itu kan manusiawi tidak perlu di konfrontir dengan pernyataan seperti itu,"lanjut Wira. (Sumber : Feri Sibarani)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas