Headlines News :
Home » , » Guna Meningkatkan Hasil Pangan, DKPTPH Pelalawan Galakkan Program 'Ayo Turun ke Sawah

Guna Meningkatkan Hasil Pangan, DKPTPH Pelalawan Galakkan Program 'Ayo Turun ke Sawah

Written By Harian Berantas on Saturday, August 25, 2018 | 6:12:00 PM

HARIANBERANTAS, PELALAWAN- Semangat 'Ayo Turun Kesawah' pada Tahun 2018 terus digelorakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTH) Kabupaten Pelalawan kepada masyarakat hingga diberbagai kecamatan yang ada di Pelalawan dalam rangka mengajak petani untuk meningkatkan hasil tani yang menjadi bahan pangan yang diproduksi dari kita untuk kita khususnya masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Hal ini juga dibuktikan, berbagai baliho berupa ajakan 'ayo turun kesawah' kepada masyarakat yang dipasang dibeberapa titik yakni, di Kecamatan Teluk Meranti, Kecamatan Kuala Kampar, Kecamata  Kerumutan, Kecamatan Bunut, Pangkalan Kuras, Bandar Petalangan, hingga Kecamatan Pelawan, sebagaimana awak media menulusuri halaman resmi milik Dinas KPTH Kabupaten Pelalawan, jum'at (24/08/2018).

Sehingga ini menjadi dalam pencapaian sasaran tanam 2018 seluas 6.750 Ha, adapun pencapaian Luas Tambah Tanam (LTT) padi di Kabupaten Pelalawan terus meningkat, hal tersebut dapat dicapai dengan perluasan area tanam melalui perluasan lahan secara swadaya petani, dan peningkatan Indeks pertanaman (IP).

Bukan itu saja, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) Kabupaten Pelalawan juga sempat menggelar pertemuan dalam rangka untuk pelatihan mutu dan keamanan pangan, yang diadakan bulan lalu, Rabu (11/7) di Hotel Grand Pangkalan Kerinci. 

Pada kesemparan itu juga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) Kabupaten Pelalawan Ir Syahfalefi MSi  menuturkan sekiranya Pemerintahan Kabupaten selalu melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan serta terjaminnya kebutuhan pangan.

"Pelatihan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menjamin tersedianya pangan segar yang aman untuk dikonsumsi masyarakat, sayuran segar banyak dikonsumsi pelaku hidup sehat" paparnya.

Disamping itu, salah seorang petani yang berasal dari Kecamatan bunut, Hengki dihadapan wartawan harianberantas.co.id juga menyampaikan harapannya kepada Pemerintahan Pelalawan melalui Dinas KPTPH sekiranya selalu mengawasi serta meningkatkan hasil dari petani melalui program-program andalan yang sudah dirancang oleh Dinas bisa berjalan lancar sehingga petani khususnya yang berada diperdesaan dapat terbantu melalui program tersebut.

"Kita sangat berharap pak, Dinas KPTPH selalui menggalakkan program unggulan mereka, baik itu berupa pelatihan serta merta kucuran dana bantuan untuk para petani terutama dalam memperkenalkan bibit bibit unggulan kepada masyarakat petani" harapnya, jum'at (24/8) di kediamannya.

"Kalau bisa kan, kita tidak perlu lagi berharap pada bahan pangan dari luar, kalau bisa kita memproduksi sendiri kenapa tidak, nah ini tidak luput dari kerja sama yang baik pihak Pemerintahan dengan para petani" tambahnya.

Hengki juga memberikan apresiasi terhadap Dinas Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pelalawan yang sudah belerja keras untuk meningkatkan sehingga terjaminnya kebutuhan pangan yang ada di Masyarkat khususnya di Kabupaten Pelalawan. (Adv/mal)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas