Headlines News :
Home » , , » Diduga Sejumlah ADD Desa Rantau Bakung Kec. Dengar Barat Kabupaten INHU Tidak Tepat Sasaran dan Beraroma Korupsi

Diduga Sejumlah ADD Desa Rantau Bakung Kec. Dengar Barat Kabupaten INHU Tidak Tepat Sasaran dan Beraroma Korupsi

Written By Harian Berantas on Wednesday, August 15, 2018 | 2:02:00 PM

HARIANBRANTAS, RENGAT-- Dugaan korupsi dalam pekerjaan fisik sejumlah bangungan yang dilaksanakan Desa Rantau Bakung Kecamatan Rengat Barat Inhu tahun anggaran 2015 dan tahun 2016 kuat dugaan tidak sesuai Rancana Anggaran Belanja (RAB) atau tidak tepat sasaran.
Proyek TA.2015

Pasalnya, sejumlah kegiatan pembangunan fisik seperti pembangunan Jalan lingkungan dan drainase, tanggul atau parit untuk kelancaran aliran air dilingkungan warga setempat pada saat hujan turun sangat berbeda dengan RAB yang sesungguhnya.
Proyek TA. 2016

Dalam RAB tertulis Pembuatan Parit Gajah atau galian parit dengan kedalam minimal 4 meter dan lebar paling minim 4 atau 5 meter, namun tidak dilaksanakan oleh pihak desa melainkan hanya membersihkan atau mencuci atau membuang sampah saja dari dalam parit yang sudah kian dibangun warga sebelumnya. Sementara  yang tertuang dalam RAB adalah pembuatan parit gajah bukan membersihkan atau mencuci yang sudah ada.

Akibat ketidak sesuai RAB dengan pelaksanaan dilapangan diduga Negara telah dirugikan ratusan juta rupiah.

Berdasarkan hasil penelusuran www.harianberantas.co.id dilapangan menemukan berbagai kejanggalan.

Kejanggalan yang ditemukan terkait adanya perbedaan antara RAB dengan fakta / realita pengerjaan fisik dilapangan.

Sementara anggaran yang diluncurkan pihak desa sangat fantastis yaitu untuk galian pari gajah pada tahun 2015 menelan anggaran Rp. 255.633.000,00. (Dua ratus lima puluh enam juta tiga puluh tiga ribu rupiah).

Sedangkan untuk anggaran tahun 2016 pihak desa kembali menganggarkan sebesar Rp. 520.000.000. (Lima ratus dua puluh juta rupiah).- namun hasil pelaksanaan dilapangan hanya sekedar cucuian parit bukan penggalian pari gajah.

Menurut salah satu warga Rantau Bakung Inisial B ketika kepada www.harianberantas.co.id menuturkan, “pekerjaan parit yang dilaksanakan pihak Desa yang menelan anggaran ADD dibawah kendali Kepala Desa tidak sesuai perencanaan awal atau RAB.

Lebih jauh B menjelaskan, jika yang tertuang dalam RAB adalah pembuatan / galian Parit Gajah, akan tetapi yang terlaksana dilapangan hanya pembersihan parit yang sudah ada saja dengan lebar 1,5X1,5 meter. Padahal yang namanya Parit Gajah itu seharusnya 4 x 4 meter paling minim bukan 1,5 x 1,5 meter, inikan aggarannya pasti berbeda. Katanya dengan kesal

Selanjutnya, pekerjaan ADD 2015 itu bukan buat baru tapi cuci Parit, karena paritnya dulu sudah ada kata B lagi. Kami masyarakat dalam hal ini tidak terima.

Kami mohon kepada Pemda dan Aparat Hukum memanggil Kepala Desa cukong cukongnya dan segera melakukan penyelidikan karena kuat dugaan  sudah menyalahi aturan.

B juga menambahkan, masalah inisebenarnya kami masyarakat sudah melaporkan ke pihak Inspektora, bahkan pihak inspektorat telah melakukan sidak kelapangan.

Pihak inspektorat melalui Martin melakukan pengukuran panjang dan lebarnya proyek tersebut, namun tidak ada tindak lanjut dari Inspektorat.

"Ada apa dengan inspektorat sebenarnya? Tanya warga berinisial B dengan kesal.

Sedangkan informasi yang didapat media ini dari Boyke Plt. Inspektorat ketika dihubungi melalui selulernya mengatakan “ membenarkan adanya laporan masyarakat dan pihaknya menemukan kejanggalan dalam proyek galian parit gajah tersebut.

"Iya pak, memang betul ada Masyarakat sudah membuat pengaduan ke Kantor Inspektorat"

"Setelah kami dari inspektorat melakukan sidak di lapangan ternyata ditemukan kejanggalan ketidak sesuaian dengan RAB-Nya, hanya saja panjangnya yang di Rab dengan dilapangan ada perobahan, dimana panjangnya bertambah" kata Boyke.

"Terkait tindak lanjut laporan dari masyarakat serta ditambah dengan temuan kami dilapangan sudah diteruskan ke Kajari Rengat-Inhu kemaren". Tutup Boyke, Selasa (14/8/2018). ( P. Sitorus ).

GAMBAR 2 DAN 3 PEKERJAAN 2016.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas