Headlines News :
Home » » 75 Orang Paskibra Bengkalis Bakal Kibarkan Bendera Merah Putih dengan Formasi ‘MERDEKA’

75 Orang Paskibra Bengkalis Bakal Kibarkan Bendera Merah Putih dengan Formasi ‘MERDEKA’

Written By Harian Berantas on Friday, August 10, 2018 | 9:46:00 AM

HARIANBERANTAS, BENGKALIS- Jika pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI) tahun 2017 dengan formasi angka ‘72’, pada HUT ke-73 RI Tahun 2018, 75 orang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) akan membentuk sebuah formasi nan cantik.  Membentuk 7 huruf yang bila disatukan menjadi kata yang sangat erat kaitannya dengan sejarah bangsa Indonesia 73 tahun silam. Yakni, ‘MERDEKA’.

Formasi dengan kata ‘MERDEKA’ yang konon baru kali pertama ditampilkan di daerah ini, bakal mereka tampilkan baik saat penaikan bendera Merah Putih di pagi hari, maupun ketika penurunan di sorenya.

Saat ini, 75 calon anggota Paskibra terus berlatih keras guna mematangkan formasi kata “MERDEKA’ yang bakal mereka tampilkan saat upacara peringatan HUT ke-73 RI tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara puncak peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 1945 dimaksud dipusatkan di lapangan Tugu Bengkalis.

“Alhamdulillah, formasi sudah mulai terbentuk dan akan terus kita matangkan, sehingga saat hari H semua berjalan sesuai rencana,” ujar Suparjo, saat ditemui di sela-sela latihan penurunan bendera di lapangan Tugu, Jum’at, 10 Agustus 2018.

Suparjo adalah salah seorang pelatih Paskibra Kabupaten Bengkalis tahun 2018 dari anggota TNI Angkatan Laut.

Saat upacara  peringatan HUT ke-73 RI tingkat Kabupaten Bengkalis pada Jum’at, 17 Agustus 2018 nanti, dia disebut-sebut akan bertugas sebagai Danki (Komandan Kompi) saat penaikan bendera Merah Putih.

Sedangkan untuk Danki saat penurunan bendera Merah Putih pada sore hari, bakal dipercayakan pada Indratno dari TNI Angkatan Darat (anggota Kodim 0303/Bengkalis).

Adapun yang bertugas sebagai pengapit ada 4 orang. Yakni, 2 orang dari TNI AD, 1 TNI AL dan 1 anggota kepolisian dari Polres Bengkalis.

Seperti telah dipublikasikan sebelumnya, 75 anggota Paskibra tersebut terdiri dari 40 orang laki-laki dan 35 orang perempuan. Mereka mulai melakukan latihan sejak 25 Juli 2018 yang lalu.

Ke-75 calon anggota Paskibra itu merupakan para siswa-siswi yang terpilih dari ribuan pelajar SMA sederajat dari 11 kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, Anharizal, ke-75 calon Paskibra itu dipilih melalui seleksi secara bertahap yang diakukan pihaknya di setiap kecamatan.

Masih menurut Anharizal, untuk melatih ke-75 calon Paskibra tersebut, pihaknya dibantu 7 orang pelatih terbaik yang dimiliki kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

“Jumlah pelatihnya sebanyak 7 orang. 3 orang dari TNI Kodim 0303/Bengkalis, 2 orang dari TNI Angkatan Laut dan 2 orang dari Polres Bengkalis,” rincinya, usai membuka pembinaan dan pelatihan Paskibra di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut Bengkalis, Senin, 24 Juli 2018, lalu. (dik)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas