Headlines News :
Home » » Mabes Polri Dan Polda Jambi Serta Polres Inhu Sidak PT. Toton Di Inhu, Anggota Polri dan TNI Ancam Tampar Wartawan

Mabes Polri Dan Polda Jambi Serta Polres Inhu Sidak PT. Toton Di Inhu, Anggota Polri dan TNI Ancam Tampar Wartawan

Written By Harian Berantas on Saturday, July 28, 2018 | 11:15:00 AM

HARIANBRANTAS, INHU-- PT. Toton Perusahaan yang bergerak di perkebunan kelapa sawit yang berada di desa Alim Kecamatan Batang Cinaku Inhu diduga tak jelas legilitasnya telah menanam sawit di hutan kawasan seluas 800 Ha. Pada tanggal 26/7/2018 telah disidak oleh pihak Mabes Polri beserta Polda Jambi dan Polres Rengat.Informasi yang didapat media dari Kepolisian “ lokasi kebun tersebut berada  diantara 2 ( dua ) Propinsi yaitu Propinsi Jambi dan Propinsi Riau, areal Propinsi Jambi 500 Ha dan areal Propinsi Riau 300 Ha. 
Doc: Perkebunan Sawit PT. Toton Dan Spanduk Larangan Dari Kementrian Kehutanan
Ketika awak media datang kelokasi yang sedang di sidak Kepolisian untuk liputan, tidak mendapatkan informasi yang akurat, masalahnya” salah satu anggota Polsek Batang Cinaku yang berpangkat Aiptu  inisial R yang menjabat sebagai Provost di Polsek Batang Cinaku melarang awak media meliput dan menyuruh awak media duduk ditempat.  Seakan tak mau bersahabat dan bermitra dengan media dan arogansi. 

Hal ini juga ditambah dari ucapan Anggota Kodim yang bertugas sebagai Babinsa di Batang Cinaku inisial J berpangkat Bripka mengatakan ke awak media “ duduk kalian jangan sibuk, kalau tidak kutampari nanti kalian ujarnya ke awak media. Inikah Citra  Salah satu dari Aparat hukum yang bertugas di Batang Cinaku yang seharusnya antara aparat hukum dengan pers saling bahu untuk tujuan membela NKRI yang kita cintai ini..?

Ketika jam 16.15 tanggal 27/7/18 setelah pihak Kepolisian telah selesai menyidak areal perkebunan PT. Toton, salah satu anggota Polres Jambi yang tak mau disebut namanya mengarahkan awak media untuk Komfirmasi ke Komandan Tim dari Mabes Polri, hanya saja orang yang dibutnya itu tidak dapat dikomfirmasi. Alasannya  “ saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda atas kedatangan Pihak Mabes dan Polda Jambi dan Polda Riau yang diwakili oleh anggota Polres dan Polsek Inhu ke lokasi, silahkan tanya saja ke Polres biar Kapolres yang menjawab nantinya ujarnya.

Atas kejadian pengancaman dan pelarangan terhadap jurnalis/Pers, diminta Kapolri Tito Karnavia dan Panglima TNI Jenderal Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengambil tindakan terhadap anggotanya yang arogan dan tak ber-etika tersebut. Sebab, kemerdekaan Pers telah dijamin oleh Undang-undang No. 40/1999, dan tidak bisa dihalang-halangi oleh siapapun. (PS).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas