Headlines News :
Home » » Harga Jual Pupuk Subsidi di Inhu "Meroket"

Harga Jual Pupuk Subsidi di Inhu "Meroket"

Written By Harian Berantas on Friday, May 11, 2018 | 10:43:00 AM


HARIANBERANTAS, INHU - Buset..! UD Barokah Jaya dan UD Riau Tani selaku penyalur atau kios pupuk bersubsidi yang beroperasi di wilayah Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Prov. Riau menjual pupuk bersubsidi kepada masyarakat petani yang dinaungi oleh kelompok tani (Koptan) Sumber Tani dan Berkah Usaha di Desa Petala Bumi dengan harga jauh di atas harga eceran tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah.

Anehnya lagi, pupuk bersubsidi yang seharusnya hanya boleh dimiliki oleh anggota Koptan Sumber Tani dan Koptan Berkah Usaha sesuai Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) itu, malah berpindah tangan kepada orang yang bukan anggota 2 Koptan tersebut.


Suyadi, warga Rt 03 Rw 01, Dusun Sukajadi, Desa Petala Bumi, Kecamatan Seberida mengakui bahwa dirinya bukan anggota Koptan Sumber Tani atau Koptan Berkah Tani. "Saya dapat pupuk subsidi dari bu Ello yang tinggal di Rengat. Gudang pupuknya ada di Desa Seresam. Bu Ello yang mengantarkan pupuk subsidi itu ke rumah saya, "kata Suyadi didampingi istrinya menjawab awak media Harianberantas.co, Rabu (09/05) di tempat kediamanya.


Pemilik rumah bertingkat dan 3 unit mobil ini mengatakan, sudah lebih kurang satu tahun saya selalu pakai pupuk bersubsidi dari bu Ello itu. Bu Ello itulah yang menawarkan kepada saya. Pernah saya bilang sama bu Ello bahwa saya bukan anggota Koptan. Tapi, bu Ello bilang gak apa-apa. Bahkan dia bilang kalau yang tanya, itu urusanya bu Ello.


Saya beli pupuk subsidi dengan harga yang bervariasi menurut jenisnya. Pupuk Urea seharga Rp 150.000/Sak, sementara pupuk NPK Ponska seharga Rp 160.000/Sak. "Ya bu Ello yang antarkan ke rumah saya. Gak ingat lagi berapa banyak pupuknya. Yang jelas cukuplah untuk kebun saya. Kadang-Kadang bu Ello titipkan pupuknya di rumah saya, "ucapnya.


Terpisah, Sudar, warga Desa Petala Bumi yang juga Aparatur Sipil Negara (ASN) tenaga pendidik di salah satu sekolah Desa Petala Bumi mengatakan hal yang sama. Bahwa dia membeli pupuk bersubsidi dari bu Ello yang tinggal di Rengat. Saya hanya beli 2 jenis pupuk subsidi. Urea dan NPK Ponska. Kalau Urea harganya Rp 150.000/Sak. Sedangkan NPK Ponska harganya Rp 160.000/Sak.



"Kalau bapak wartawan gak percaya, biar saya telepon bu Ello sekarang. Ini nomor telepon bu Ello. Tanya aja sama dia. Bilang saja nama saya Sudar," sebut pemilik mobil sedan warna merah ini, Rabu (09/05) di tempat kediamannya.


Pemilik Delivery Order (DO) TBS ini menambahkan, saya masuk anggota Koptan Sumber Tani yang diketuai oleh pak Suwandi warga Blok A. Kalau Pak wartawan gak percaya, tanya aja langsung sama pak Suwandi Ketua Koptan," pinta Sudar.


Sementara, Suwandi membantah ucapan Sudar yang mengatakan dirinya sebagai ketua Koptan Sumber Tani. Suwandi mengakui bahwa hanya sebagai Sekretaris Koptan Sumber Tani. Penyusunan Koptan Sumber Tani dan RDKK sudah sesuai dengan aturan yang ada. Ketua Koptan Sumber Tani adalah pak Sumarsono dan Sekretarisnya saya sendiri, "kata Suwandi menjawab awak media Harianberantas.co.id, Rabu (09/05) di kediamanya Desa Titian Resak, Kecamatan Seberida, Kab. Inhu.


Diketahui Suwandi merupakan ASN Inhu sebagai pegawai penyuluh pertanian (PPL) dengan jabatan Ketua Tim Verifikasi Pendistribusian pupuk subsidi di Kecamatan Seberida.



Dia mengatakan, saya gak bisa berkomentar banyak tentang harga pupuk subsidi. Yang jelas harganya di atas harga HET pemerintah. "Harga pupuk subsidi jauh di atas HET bukan hal baru di Inhu. Semua orang tau kalau harga pupuk subsidi khususnya di Seberida di atas harga HET, "ungkap Suwandi. 



"Saya petugas PPL Kecamatan Seberida, Kab. Inhu, sekaligus Ketua Tim Verifikasi Pendistribusian pupuk bersubsidi. Kebutuhan pupuk subsidi untuk Koptan Sumber Tani berasal dari UD Barokah Jaya milik bu Rini yang tinggal di Belilas Inhu," ucapnya.


Saat disinggung tupoksinya sebagai PPL dan Ketua Tim Verifikasi Pendistribusian pupuk subsidi, Suwandi tidak bersedia menjawabnya. Malah mengalihkan pembicaraan ke hal lain. (Lamhot Manurung)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas