Headlines News :
Home » » Dewan Pers Akui 43.300 Media Belum Terdaftar di Dewan Pers

Dewan Pers Akui 43.300 Media Belum Terdaftar di Dewan Pers

Written By Harian Berantas on Thursday, May 17, 2018 | 4:22:00 PM

HARIANBERANTAS, JAKARTA- Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo mengatakan total media di Indonesia saat ini ada sekitar 47 ribu dengan paling banyak oleh media online. Namun, hanya ada 168 media yang telah terdata di Dewan Pers.

"Kami perkirakan angkanya adalah 43.300 (yang tidak terdata). Bayangin. Tidak ada 1 persennya. Sisanya seperti apa? Tidak tahu, antah berantah," ungkap Stanley, usai Forum Merdeka Barat 9 'Cegah dan Perangi Aksi Teroris', di Kantor Kemkominfo, JakartaPusat, Rabu (16/5).
Dia menuturkan, untuk melawan media-media bodong tersebut, pihaknya akan terus melakukan verifikasi terhadap berbagai media yang mengaku sebagai perusahaan pers tersebut. Termasuk, terhadap situs-situs radikal yang tidak berbadan hukum dan bukan perusahaan pers sebagaimana mestinya. Stanley berharap, proses verifikasi itu dapat rampung pada akhir tahun 2018 ini.
"Jadi di tahun 2019, media-media yang terverifikasi itu kita berikan QR code. Dengan demikian, org bisa membedakan mana media yang asli dan mana media yang tidak," tutur dia.
Stanley menceritakan, bahwa ada salah satu media besar yang dipakai namanya oleh sejumlah media bodong. Bahkan media bodong tersebut tidak hanya 1 yang menggunakan nama media besar tersebut, namun ada 14.
Kemudian, lanjut dia, persoalan itu pernah membuat seorang anggota DPR mengadu dan marah-marah, karena mempertanyakan kenapa beritadi media asli tersebut dapat memberitakan hal seperti itu. Hingga akhirnya, dia pun mengecek url dari media tersebut dan terlihat bahwa, media itu memiliki url atau alamat website yang berbeda dengan media aslinya. rls/sumber berita liputan6.com
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas