Headlines News :
Home » » Laporan Kasus Dugaaan Penggelapan Dana Kopertim Masih Berlanjut di Reskrim Polres Rohul

Laporan Kasus Dugaaan Penggelapan Dana Kopertim Masih Berlanjut di Reskrim Polres Rohul

Written By Harian Berantas on Wednesday, April 4, 2018 | 10:39:00 AM

HARIANBERANTAS, ROHUL- Terkait laporan Polisi, Nomor: B/168/XI/2017/ Reskrim Polres Rohul, tentang dugaaan penggelapan gaji anggota kredit koperasi primer anggota (KKPA) Koperasi Perkasa Timur (Kopertim) Kecamatan Tambusai Kabupaten Rohul yang bekerjasama dengan PT. Panca Surya Agrindo (PSA) di Perkebunan Bunga Tanjung  masih ditindaklanjuti oleh Reskrim Polres Rohul-Riau.

Demikian disampaikan Kasat Reskrim Polisi Resor Rokan Hulu Riau AKP Harry Avianto SH, SIK didampingi Kapolsek Tambusai AKP Yulihasman S.Sos usai audensi dengan  masyarakat pelapor perwakilan pengurus Kopertim dari Desa Tingkok, Tambusai Timur dan Lubuk Soting ada Ketua Porkot Lubis, Sekeretaris Jasrin Siregar, Bendahara Efriandi Lubis bersama puluhan tokoh masyarakat setempat, Selasa, (3/4/2018).

Dijelaskan AKP Harry Avianto, laporan dugaaan penggelapan gaji anggota KKPA Kopertim ini terlapor bernisial Syah (Pengurus), pihaknya masih terus melakukan penyelidikan, Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) juga sudah diberikan kepada pelapor.

"Pada pertemuan ini, sudah kita paparkan,  sudah sampai dimana penyelidikan dan juga kendala-kendala penyidik kepada masyarakat dan kasus ini masih tahap penyelidikan. Karena dalam menangani sebuah kasus ada tahap-tahapannya", kata Kasat Reskrim Polres Rohul.

"Kami juga tidak ada kepentingan pada perkara ini, terlapor Syahruddin saya tidak kenal dan Potkot baru juga bertemu. Kami komit untuk menyelasaikan laporan ini sampai tuntas," Tegasnya lagi menjawab wawancara wartawan.

"Kami berterimaksih atas supot masyarakat anggota Kopertim dalam menangani kasus ini. Untuk itu mari kita sama-sama saling mendukung, kami juga siap untuk diawasi," ucapnya.

Ditanya sudah berapa orang terperiksa pada laporan ini ?  Jawab AKP Harry  sudah 9 orang sebagai saksi. "Pihak perusahaan juga sudah kita panggil untuk mengambil keterangan, namun mereka masih ada kendala untuk hadir. 

Hari Rabu besok juga ada yang kita panggil sebagai saksi untuk didengar keterangannya," tambahnya lagi. Sementara itu Ketua Kopertim Porkot Lubis bersama anggota mengapresiasi jajaran Satreskrim Polres Rohul yang sudah melaksanakan penyelidikan pada laporan mereka tersebut.

"Kami berterimakasih dan mendukung langkah Polres Rohul dalam menuntaskan kasus ini. Karena anggota Kopertim benar-benar sudah dirugikan ketidak tranpasinya pengurus lama yang ketuanya Syahruddin," kata Porkot yang diiakan oleh pengurus dan anggota yang  diwawancara wartawan.

Lanjut mereka menjelaskan, terkait dugaaan itu terlapornya yakni mantan Ketua KKPA Kopertim bernisial Syah yang juga salah satu oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Perintah Kabupaten Rokan Hulu dinas di Kantor Camat Tambusai.

Saat ditanya media berapa kira-kira dugaan penggelapan dana hasil Kopertim tersebut ? jawab Porkot, bisa diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 2 Miliar sejak Kopertim mulai menghasilkan.

Contohnya saja, pada hasil produksi di Bulan januari Tahun 2017 dari PT PSA Rp 419. 990.283 diamprahan pengurus Kopertim yang disalurkan gaji anggota Rp 152.058.583, Bulan Desember tahun 2017 dari PT PSA Rp 376.903.234 di amprahan pengurus Kopertim yang disalurkan gaji anggota Rp119.984.133,-bulan Desember 2016.

"Sisa uang diatas dan gaji bulan, bulan Agustus, September tahun 2017 serta dana fee konfersi pertama dilahan KKPA Kopertim  dari 113 ha x 30.000.000 x 5 persen Rp mencapai Rp169 juta kemana dikasi? selain diamprahan gaji lainnya diduga juga digelapkan, belum lagi yang bulan-bulan tahun lainnya semenjak Kopertim berhasil," beber mereka lagi. Mereka pun berharap kasus ini bisa dibawa ke Pengadilan untuk dilanjutkan hingga kedepan disidangkan di pengadilan. (F/S)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas