Headlines News :
Home » , » Kasus Penerimaan CPNS di Subang, Bakal Terugkap

Kasus Penerimaan CPNS di Subang, Bakal Terugkap

Written By Harian Berantas on Tuesday, March 6, 2018 | 3:48:00 AM

HARIANBERANTAS, JAKARTA - Terkait proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS)  di Kabupaten Subang pada tahun 2015 yang lalu, diduga telah menyimpang dari ketentuan berlaku, yang patut jadi perhatian dari lembaga aparat hukum. Berbekal data yang dimiliki, tim investigasi melakukan penelusuran di lapangan atas kasus tersebut. 

(ill: net) 

Selain uang ,  CPNS yang menjadi korban penipuan oleh oknum  AS, pejabat Kabupaten Subang, Tim investigasi ini pun memiliki data kejanggalan Surat Keputusan (SK) pengangkat tenaga honorer Kategori 2 [ K2] menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Namun kami masih fokus dulu ke perjuangan K2 yang belum lulus dan telah memberikan dana kepada  oknum AS , mantan Kepala Seksie [Kasie] Pengadaan di Badan Kepegawaian Daerah [BKD] Kabupaten Subang.

Bahkan kasus ini pernah dilaporkan ke Mabes Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) R, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) serta Badan Kepegawaian Nasional (BKN) oleh salah satu korban. Namun higga berita ini diturunkan,  tidak ada tindak lanjutnya. 

Atas aksi penipuan tersebut yang dilakukan AS ini membuat para korbannya kehilangan uang  puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan AS telah mencoreng nama baik Kabupaten Subang dalam  proses reformasi birokrasi yang kini tengah berlangsung di tanah air.

Ketua Umum Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi, Firdaus Oiwobo, SH,  menilai oknum pejabat seperti ini harus diberikan sanksi keras berupa pemecatan, jika ada indikasi , maka oknum tersebut harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Jika memang oknum pejabat tersebut melakukan penyalahgunaan jabatan dengan melakukan pungutan liar, itu kena delik pidana,” kata Firdaus melalui WhatsApp yang diterima Fokusjurnal, Sabtu [4/3].
Firdaus mengatakan, kasus seperti ini diharapkan dapat membuka mata , CPNS tidak bisa melalui calo, dan berharap aparat penegak hukum dapat membongkar kasus tersebut sampai ke akar-akarnya. “Karena itu, masyarakat harus lebih waspada terhadap janji dari pihak-pihak yang mengaku bisa meloloskan seseorang menjadi CPNS , ”ujarnya (ril/rd)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas