Headlines News :
Home » » Belasan Tahun Akhirnya Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST MT, Resmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani

Belasan Tahun Akhirnya Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST MT, Resmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani

Written By Harian Berantas on Friday, February 9, 2018 | 1:51:00 AM

HARIANBERANTAS,_Belasan tahun masyarakat kota Pekanbaru menantikan kehadiran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khusus masyarakat Kota Pekanbaru dan masyarakat lainnya yang ada di Propinsi Riau, tentunya dengan pelayanan yang terbaik dari Rumah Sakit yang ada di kota Pekanbaru.

Harapan masyarakat akan hal tersebut saat ini sudah terwujud, dimana Pembangunan RSUD Pekanbaru yang di bernama dengan RSUD Madani yang terletak di Jalan Garuda Sakti KM 2, Kecamatan Tampan telah diresmikan langsung oleh Wali Kota Pekanbaru Dr.H.Firdaus ST MT Jumat (26/1/2018) lalu.

Dengan diresminya RSUD Madani, Walikota Pekanbaru berharap petugas kesehatan dilingkungan RSUD Madani dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Pekanbaru.

Untuk membangun masyarakat yang sehat, cerdas dan dapat mewujudkan lingkungan yang sehat, serta dapat membuka peluang baru bagi bisnis kesehatan.

“Pembangunan RUSD Madani yang telah diresmikan, bukan menandakan masyarakat Pekanbaru banyak yang sakit. Melainkan bentuk dari cerminan masyarakat kita yang mencintai kesehatannya dan mambangun lingkungan sehat untuk membangun masyarakat yang sehat ” Ungkap Fidaus

Dengan dibukanya RSUD Madani, masyarakat Pekanbaru dapat menggunakan fasilitas yang ada secara gratis hingga batas waktu yang belum ditentukan, dengan membawa Identitas berupa  KTP dan dapat melakukan konsultasi kepada tenaga medis disana tentang persoalan kesehatan bapak/Ibu. Namun, yang pasti adalah bagaimana melayani masyarakat dengan baik dan cepat," pinta dan pungkas Firdaus. 
Sementara itu menurut Zaini Rizaldi selaku Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, menuturkan “Walaupun RSUD Madani Pekanbaru belum seratus persen memiliki sarana prasaran yang memadai, secara keseluruhan sudah memenuhi standar rumah sakit, pengoperasiannya kita upayakan semaksimal mungkin”

Perihal akan pengoperasian dan jumlah tenaga kerja serta pelayanan BPJS di RSUD Madani Pekanbaru, kembali Zaini Rizaldi menuturkan.

“Pengoperasian RSUD Madani sudah diterbitkan oleh Walikota Pekanbaru dan pengoperasiannya di bawah naungan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, tentunya dengan harapan RSUD Madani kedepannya harus memberikan laporan ke Dinas Kesehatan setiap bulannya. ”

Pada tahap awal ini, jumlah tenaga kerja yang ada di RSUD Madani sementara ini diperkirakan berjumlah kurang-lebih 91 orang Tenaga Medis yang terdiri dari :  21 orang dokter spesialis, 9 orang dokter umum, 3 orang  dokter gigi, 27 orang perawat, 3 orang perawat gigi, 11 orang bidan, 3 orang ahli gizi, 2 orang  analisis, 1 orang apoteker, 1 orang asisten apoteker, 1 orang  fisioterapi, 1 orang rekam medik, 8 orang manajemen RSD Madani Pekanbaru.
  
Perihal untuk pelayanan BPJS di RSUD Madani Kota Pekabaru belum dapat dilaksanakan, kenapa demikian ? kembali tanya awak media. Hal tersebut dikarenakan ada standarnya, jawab Zaini. Standar yakni rumah sakit yang menerima pelayanan BPJS syaratnya adalah rumah sakit tersebut sudah beroperasi selama enam bulan baru bisa terdaftar di Kemenkes RI ” Jelas Zaini.

Walaupun demikian, menjelang itu segala macam pelayanan dan pengobatan tetap di gratiskan untuk masyarakat kota Pekanbaru pada umumnya dan Kecamatan Tampan khususnya, demi untuk mewujudkan cita-cita Walikota untuk memberikan Pelayanan Kesehatan yang baik untuk masyarakatanya, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Dr H Firdaus, ST MT dalam pidatonya pada pembukaan RSUD Madani Pekanbaru pada hari Jum’at (26/01/2018) kemarin lalu.

Hal senada disampaikan dr Dian Astuti (Plt) Direktur RSUD Madani Kota Pekanbaru, akan jumlah tenaga medis yang telah ada.

“Benar saat ini jumlah Tenaga Medis RSUD Madani yang kita miliki sampai saat ini berkisar 91orang tenaga medis, yang terdiri atas beberapa tenaga medis. Seperti 21 orang dokter spesialis, 9 orang dokter umum, 3 orang dokter gigi, 27 orang perawat, 3 orang asisten dokter gigi, 11 orang bidan, 3 orang ahli gizi, 2 orang analis, 1 orang apoteker, 1 orang asisten apoteker, 1 orang fisioterapis, 1 orang rekam medic, serta 8 orang manajeman.

Dian Astuti yang juga menjabat sebagai Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, juga menjelaskan saat ini RSUD Madani Kota Pekanbaru tergolong ke dalam rumah sakit tipe C.

"Sesuai dengan standar tipe C, jumlah tempat tidur pasien sementara ada 104 tempat tidur dan saat ini pula kita masih mengoperasionalkan gedung A yang terdiri dari UGD dan poli spesialis" ujar Dian.

Plt Direktur RSUD Madan dr Dian Astuti, mengaku sangat bangga atas fasilitas yang dimiliki RS yang beralamat di Jalan Garuda Sakti Panam tersebut, meskipun pelayanan masih terfokus pada rawat jalan, namun Ia berharap RUDS Madani tersebut bisa membantu pelayanan kesehatan masyarakat.

"Ini awal yang baik bagi Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru. Walaupun peralatan kita masih belum memadai, kita berangsur-angsur melengkapi segala kebutuhan yang diperlukan. 

Mudah-mudahan gedung lainnya segera siap dan peralatan yang dibutuhkan segera bisa dilengkapi,demi terwujudnya cita-cita Walikota untuk memberikan pelayan yang terbaik untuk masyarakatnya, serta harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang baik untuk kesehatan yang lebih baik kedepannya dapat terwujudkan" pungkas Dian Astuti.(Adv/Kominfo/Trini)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas