Headlines News :
Home » » Kapolda Riau Restui Terbengkalainya Proyek Rutan Polres Kampar Dilaporkan

Kapolda Riau Restui Terbengkalainya Proyek Rutan Polres Kampar Dilaporkan

Written By Harian Berantas on Thursday, January 11, 2018 | 12:34:00 PM


HARIANBERANTAS, PEKANBARU ----- Proyek pembangunan rumah tahanan Polres Kampar menjadi sorotan tersendiri bagi penggiat aktivis dari LSM Komunitas Pemberantas Korupsi, pasca pertemuan oleh pejabat dinas PUPR Kabupaten Kampar bernama Eka Rianto ST beberapa hari yang lalu.

Proyek rutan yang di hibahkan oleh Pemkab Kampar dengan APBD tahun anggaran 2017 ini akan segera dilaporkan ke Tipikor Polres Kampar, karena diduga sarat penyimpangan dan mark up.  

    Kondisi Proyek Rutan Polres Kampar terbengkalai        RAB Rutan Polres Kampar sesungguhnya

Tentu ini tantangan bagi pihak Polres Kampar agar segera mengusut mengapa pembangunan gedung rutan tersebut tidak kunjung usai. Karena sebelumnya, PPTK Eka Rianto ST menyatakan proyek gedung rutan tersebut progresnya sudah terealisasi dan selesai seratus persen. Kalau memang sudah selesai seratus persen, mengapa belum diserahterimakan.

Hal ini menjadi pertanyaan,  Apalagi aktivis yang telah lama berlalu lalang menghadapi korupsi di Riau ini memiliki acuan atau data untuk membuka tabir persoalan pembangunan gedung rutan itu.

Pernyataan ini langsung  disampaikan Toro kepada Wartawan, "Kita akan siapkan laporan proyek gedung rutan itu ke Tipikor Polres Kampar. Pak Kapolres harus tunjukkan bahwa tidak ada campur tangan pihaknya karena kami masih percaya kepada Kapolres Kampar agar mengusut adanya dugaan mark up uang negara di proyek itu", ujarnya baru baru ini.

Selain itu, Toro juga akan meminta BPKP dan BPK agar mengaudit proyek dinas PUPR tersebut. "Kita juga akan meminta BPKP pusat dan Riau, BPK Pusat dan Riau untuk turut bersinergi mengaudit proyek yang habis kontrak itu apa masalahnya kok tidak selesai, apalagi banyak item pekerjaan itu tidak dikerjakan". ujarnya lagi

Sementara itu,  Kapolda Riau Irjen. Pol Nandang telah mengetahui pemberitaan yang sempat membuat heboh media online di Riau itu. ia pun menyikapi rencana LSM yang ingin melaporkan pembangunan gedung proyek rutan itu ke pihak Kepolisian.

Saat melakukan konfirmasi melalui pesan berbasis aplikasi Whatsaap, Kapolda Riau respon mempersilahkan untuk melaporkan.  Namun ia pun mengarahkan agar menemui Kapolres untuk mendudukkan persoalan. "Nggak ada masalah dan lebih baik ketemu Kapolres biar jelas masalahnya", ujar Kapolda Riau singkat, Selasa (9/01/2018).

Sebenarnya, Al ihwal proyek gedung rutan yang terbengkalai ini terkuak dan mencuat dibeberapa media, berdasarkan dari penelusuran tim Wartawan Harian Berantas bersama aktivis dari LSM ke Polres Kampar pada Kamis (04/01/2018) lalu, dan diperkuat lagi adanya informasi jika proyek yang bangunannya sudah dilakukan, baru menelan biaya anggaran hanya sebesar Rp550 juta dari nilai kontrak sebenarnya sebesar Rp1. 575.296.000 atau Rp1,5 miliar.
  .
Awalnya pemantaua, tim Media dan LSM memasuk lokasi dari pintu gerbang depan kantor Polres Kampar yang dipersilahkan oleh petugas dan penjagaan di Mapolres Kampar. Setiba dikantor pelayanan SKCK, ternyata lokus proyek gedung rutan itu pas di belakang kantor Polres, dan tim menemukan proyek gedung rutan Polres itu masih sedang dikerjakan, (04/01/2018). 

Tidak pikir panjang,  pengambilan dokumen gambar pun berlanjut dilokasi proyek yang tak jauh dari pos kantor pelayanan SKCK Polres Kampar-Riau.

Sesudah mengambil gambar, tim media dan beberapa LSM, langsung menemui Kapolres Kampar setempat yang diawali dengan mengisi buku tamu dari staf Kapolres. Namun Kapolres, Kampar, AKBP Deni Okvianto SIK, MH mengarahkan tim Wartawan untuk menemui Kasat Reskrim AKP Fajri dalam hal koordinasi dan konfirmasi Pers.

“Saya kali ini minta maaf, tak ada waktu untuk jumpa, karena saya ada acara penting di Kejari Kampar. Gini aja, biar ajudan saya antar orang Bapak jumpa sama Kasat Reskrimnya dibawah, saya buru-buru betul, ujar Kapolres. (Hombing)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas