Headlines News :
Home » » Aneh, Proyek Semenisasi Jalan Usaha Tani Dibangun Tengah Perkebunan Sawit, Hasanudin: Geleng-Geleng Kepala

Aneh, Proyek Semenisasi Jalan Usaha Tani Dibangun Tengah Perkebunan Sawit, Hasanudin: Geleng-Geleng Kepala

Written By Harian Berantas on Sunday, January 21, 2018 | 11:47:00 PM

HARIANBERANTAS, INHU- Proyek pembangunan jalan semenisasi yang terletak di Dusun I RT 01 RW 01 Desa Sei Guntung Tengah, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang bersumber dari Dana Desa APBN 2017 dengan biaya sebesar Rp 118 jt yang terpampang dalam papan proyek dengan volume panjang 375 meter, lebar 2 meter dan tinggi 15 centimeters, menjadi perbincangan hangat terhadap warga sekitarnya karena dinilai terkesan mubazir. 


Hasil pantauan awak media ini, Sabtu (20/01/2018) terhadap proyek jalan semenisasi yang bersumber dari Dana Desa APBN 2017 dengan anggaran Rp.118 juta tersebut berada di tengah-tengah kebun sawit milik salah satu warga setempat  persisnya di Dusun I RT 01 RW 01 Desa Sei Guntung Tengah Kecamatan Rengat Kabupaten Inhu.

Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Bistami saat diwawancarai awak media ini, Sabtu (20/01) di tempat kediamannya mengatakan masalah pembangunan jalan semenisasi atau masalah penempatan lokasi kerjanya saya gak bisa berkomentar banyak, karena saya selaku Wakil Ketua BPD pun tidak pernah dikoordinasikan oleh Pjs Kades. Memang, melihat posisi dari jalan semenisasi yang dibangun itu tidak sepatutnya dibangun di tengah-tengah kebun warga."Kan masih banyak lokasi lain untuk dijadikan tempatnya,"ucapnya sembari ketawa.

Hal yang sama juga dilontarkan Idrus (32) warga Dusun I RT 01 RW 01 Desa Sei Guntung Tengah Kecamatan Rengat Kabupaten Inhu, saat ditemui awak media ini sedang kerja menunas pelepah sawit di kebun miliknya yang bersepadan dengan kebun sawit milik Aprijal yang dijadikan sebagai tempat pembangunan jalan semenisasi tersebut, sangat menyayangkan sikap dari Pjs Kades Sei Guntung Tengah yang menetapkan lokasinya di situ.

Kalau seperti inikan sama artinya hanya menguntungkan satu orang saja. Coba kemarin jalan semenisasi yang terpotong ini diluruskan langsung kejalan poros. Kan gak terpotong seperti ini jadinya. Ini dibangun di tengah-tengah kebun sawit, yach jadi pergunjingan wargalah jadinya, "sebut Idrus dengan nada kesal.

Sementara mantan Kades Sei Guntung Tengah, Hasanudin yang juga Kepala Desa (Kades) terpilih mengatakan hal yang sama dengan Idrus dan Wakil Ketua BPD sangat menyayangkan sikap dari Pjs yang menempatkan pembangunan jalan semenisasi tersebut di tengah-tengah kebun sawit milik Aprijal. Bahkan, geleng-geleng kepala setelah mengeceknya beberapa hari yang lalu.

Tambahnya, masa bangun jalan semenisasi seperti itu, pakai terputus lagi. Kayak gak ada lagi lokasi. Kalau seperti itukan kesannya gak bagus. Pantas saja kemarin ada warga yang melapor sama saya. Ya, pokoknya mubazirlah.

Pejabat sementara (Pjs) Kades Sei Guntung Tengah, Zaini saat awak media ini menemuinya di tempat kediamannya mengatakan, sebenarnya proyek pembangunan jalan semenisasi tersebut sudah sesuai dengan program awal. Semua komponen tim dari desa sudah sepakat untuk dibangun tempatnya di situ. Jangan berprasangka buruk terhadap saya, seakan akan saya sengaja tempatnya di situ. Jangan pula ada dalam benak warga mentang mentang rumah saya berhadap hadapan dengan pemilik kebun tempat proyek tersebut. (Lamhot Manurung)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas