Headlines News :
Home » » Bahas APBD 2018, Sebelas OPD "Tegang Urat" Dengan Komisi III

Bahas APBD 2018, Sebelas OPD "Tegang Urat" Dengan Komisi III

Written By Harian Berantas on Friday, December 15, 2017 | 8:45:00 PM

HARIANBERANTAS,  INHU-- Sebelas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang merupakan mitra kerja Komisi III melaksanakan pembahasan anggaran 2018, Kamis 14/12/2017 bertempat di Gedung DPRD Inhu.

Anggota Komisi III DPRD Inhu H Suradi mengatakan, pengajuan anggaran untuk tahun 2018 oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Inhu ternyata ada beberapa item kegiatan yang tidak manfaat bagi kepentingan masyarakat. Sehingga, anggaran yang diajukan OPD untuk kegiatan tersebut terpaksa kami coret.

Namun, anggaran yang dicoret kemudian dialihkan kepada kegiatan yang sifatnya menyentuh dan dirasakan langsung masyarakat. "Kalau anggaran itu sifatnya hanya seremonial belaka, langsung dicoret," kata Suradi kepada wartawan, Kamis (14/12/ 2017) di gedung DPRD Inhu.

Tambahnya, anggaran yang dicoret dialihkan untuk pembangunan insfrastruktur jalan, jembatan atau drainase. Karena, pengaduan-pengaduan masyarakat yang kami terima secara lisan masih banyak jalan maupun jembatan yang rusak yang harus dibangun. Kalau ini dibiarkan berlama-lama, tentunya akan berinflikasi buruk terhadap aktivitas masyarakat yang setiap harinya melintasi jalan maupun jembatan tersebut.

"Begitu juga dengan jembatan yang menghubungkan desa ke desa, termasuk areal pertanian masyarakat. Kita juga alihkan anggaran tersebut untuk pembangunan drainase," ujarnya.

Tambahnya lagi, dalam pembahasan APBD 2018, ada 11 RKA OPD Pemkab Inhu yang dibahas bersama dengan Komisi III. Antara lain: Dinas Pemdes, Dinas Kominfo, Dinas LK, RKA Dinas PUPR, Dinas Perkim, RKA Dinas Perhubungan, RKA Bagian pembangunan, RKA di bagian ULP, RKA Bappeda Litbang dan RKA Dinas Pemberdayaan Desa.

Baru satu RKA yang rampung dibahas yaitu RKA Pemerintahan Desa (Pemdes). Sementara RKA Dinas Kominfo masih berjalan, akan dilanjutkan dengan pembahasan RKA pada OPD lainnya, "ucapnya

Hasil pembahasan RKA Bidang Pemdes, anggaran disepakati hanya Rp1,1 Milliar dengan 4 item kegiatan. Antara lain: penyelesaian tapal batas antar desa, pelantikan kades terpilih dan pelatihan kepala desa terpilih serta fasilitas kerja kemitraan industri mikro kecil dan menengah dengan swasta, termasuk pembuatan Ranperda Badan Permasyarakatan Desa, Ranperda Perubahan Tata Cara Pilkades, "jelasnya. ( Lamhot Manurung )
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas