Headlines News :
Home » » PPK Proyek Semenisasi Halaman Stain Bengkalis Tanggapi Konfirmasi Tertulis Media

PPK Proyek Semenisasi Halaman Stain Bengkalis Tanggapi Konfirmasi Tertulis Media

Written By Harian Berantas on Wednesday, December 20, 2017 | 7:00:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Edisi 6 Desember 2017 lalu, Harian Berantas dan beberapa media elektronik (online), melansir berita terkait hasil pengerjaan semenisasi halaman (Lapangan Olah Raga) Stain Bengkalis yang telah dilakukan oleh kontraktor CV. Artha Wibawa, Ali Akbar yang mengaku Wartawan salah satu media di wilayah daerah kota Dumai diduga ajang bancakkan, ditanggapi oleh Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK proyek, Edi Purnomo.
Dok, Gambar/Bestek     Besi Wire Mesh
Dimana Redaksi media ini bersama salah satu aktivis dari elemen anti korupsi, secara resmi menindak lanjuti dugaan kecurangan/penyimpangan proyek tersebut ke pihak Kementerian Agama RI melalui ketua STAIN Bengkalis dengan surat konfirmasi, Nomor: 07/HB/2017/RIAU, tanggal 11 Desember 2017 yang diterima langsung oleh Edi Purnomo selaku PPK proyek tersebut.

Menurut keterangan PPK, melalui surat yang ditujukan kepada Pimpinan Harian Berantas, dengan nomor surat B. 3666 Sti.18/HM.03/12/2017, tertanggal 15 Desember 2017, yang ditandatangani atas nama Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen, Edi Purnomo yang berisikan, bahwa memperhatikan surat dari Redaksi Media Harian Berantas No: 07/HB/XII/2017/RIAU Tanggal 11 Desember 2017 perihal konfirmasi tertulis terkait pemberitaan dugaan penyimpangan pelaksanaan kegiatan proyek semenisasi halaman (lapangan olah raga) STAIN Bengkalis TA, 2017 yang dilaksanakan oleh CV. Aryha Wibawa dan kegiatan Semenisasi (peningkatan jalan masuk STAIN Bengkalis TA 2017, dimana diberitakan bahwa cor beton tidak sesuai dengan material timbunan. 

Berdasarkan dokumen kedua perusahaan bersangkutan maka kami sampaikan klarifikasi sebagai berikut. Cor beton yang sudah sesuai dengan mutu K-175. Pihak perusahaan telah melakukan kesepakatan dukungan dengan PT. Borobudur Indah Sukses Alamat Kantor Jalan Jend. A. Yani Bengkalis. (1) CV. Lidra Nomor: 18/SD/PT-BIS/BKS/2017. (2). CV.Artha labor pada tanggal 16 Oktober 2017 oleh teknis Laboratorium Bahan Bangunan Jurusan Teknik Sipil/Fakultas Teknis Sipil Universitas Riau, tulis Edi Purnomo.

Dijelaskan (Edi Purnomo) lagi, Wire mesh yang digunakan adalah standar SNI/Besar, sebagaimana bon faktur bukti pembelian di Toko Bangun Jaya, Jl. Tengku Umar Bengkalis dengan nomor nota/faktur/bon:96520 tertanggal 23/09/2017, ujar Edi Purnomo melalui surat tertanggal 15 Desember 2017.
Terkait adanya tanggapan konfirmasi tertulis berita redaksi Harian Berantas yang langsung direspon oleh pihak STAIN Bengkalis melalui PPK proyek, mendapat tanggapan positif dari elemen masyarakat yang ada di daerah setempat. 

Salah satunya Ketua DPD Pemantau Pemberantasan Korupsi (PPK) Kabupaten Bengkalis, Sopyan, menilai jika balasan surat konfirmasi tertulis (resmi) yang disampaikan media dan aktivis yang langsung direspon secara tertulis itu juga oleh pihak PPK proyek, patut diapresiasi, karena zaman modern sekarang ini sudah era keterbukaan informasi publik. 

“Kita menilai jawaban tertulis yang disampaikan seperti itu sudah bagus dan profesional, mengingat era keterbukaan informasi publik seperti sekarang ini. meski  rencana berikutnya pihak lembaga BPK dan BPKP kita minta turun untuk melakukan audit investigasi lapangan sesuai bukti investigasi yang diperoleh rekan-rekan Pers dan aktivis, jelas Sopyan.

Seperti diberitakan sebelumnya, rekanan kontraktor CV. Artha Wibawa, Ali Akbar saat dihubungi Harian Berantas melalui via hendphon miliknya, Selasa (05/12/2017) mengatakan, proyek semenisasi halaman Stain Bengkalis yang saya kerjakan tahun 2017 itu disana, sudah selesai dan semuanya sudah sesuai bestek.

 Dikatakan Ali Akbar, “mana ada batu pecah yang saya gunakan untuk menimbun halaman Stain Bengkalis itu disana. Bapak jangan ngarang, lihat dulu dilapangan. Saya ini Wartawan media BP yang ditugaskan di Dumai, jadi kita saling menghargai, sebut Ali Akbar sambil mengatakan jika pihaknya sudah pernah komunikasi dengan awak media ini terkait hasil progres proyek yang telah dikerjakan tersebut. (ans)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas