Headlines News :
Home » » Media Massa di Riau Dibenahi, Berikut Media Terverifikasi oleh Dewan Pers tahun 2016-2017

Media Massa di Riau Dibenahi, Berikut Media Terverifikasi oleh Dewan Pers tahun 2016-2017

Written By Harian Berantas on Saturday, December 9, 2017 | 10:00:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Berdasarkan laporan data yang diterima Harian Berantas, Sabtu (09/12/2017) siang, setidaknya ada 44 media siber (online) ditambah satu (1) perusahaan media cetak di Provinsi Riau telah terverifikasi secara administrasi dan faktual oleh Dewan Pers, sejak tahun 2016 hingga Desember 2017, termasuk media Harian Berantas.
lulus Verifikasi Administrasi media siber www.harianberantas.co.id di Dewan Pers

Dengan ditetapkannya Harian Berantas (media siber) sebagai media yang terverfikasi Dewan Pers, dapat jadi acuan bagi perusahaan media lain agar bisa mengikuti jejak yang sama, meski sistem verifikasi media massa oleh Dewan Pers itu dikecam berbagai pendiri perusahaan media di tanah air, karena Dewan Pers dinilai telah membuat kebijakan sepihak diluar koridor aturan yang berlaku.

Namun demikian, jajaran pembina/penasehat media cetak dan media siber Harian Berantas ini, menyampaikan apresiasi terhadap media Harian Berantas yang menurut penilaian mereka bahwa Harian Berantas selama ini di Riau merupakan salah satu media yang selalu saja menerima tantangan diluar kewajaran yang pelakunya para pihak yang terusik atas karya Wartawan/Jurnalis media Harian Berantas secara berkesinambungan dan terang benderang dibeberapa kasus yang menciderai keadilan dimasyarakat.

Dimana jajaran pembina/penasehat yang diwakili Elmansyah Tel SH,M.Si, berharap agar media Harian Berantas kedepan, tetap profesional dalam menjalankan tugas sebagai insan Pers. “Selamat dan teruslah bekarya sebagai media yang berintegrasi, bermartabat, profesional. Dan juga obyektif, kritis, tangguh dan selalu berorientasi pada kejujuran serta kebenaran seperti biasanya,” pesan mantan Purnawirawan Polri ini.
B. Anas Baju Batik Menyerahkan SK Korwil Kuansing Kepada
Pemimpin Umum Harian Berantas, B Anas yang juga Ketua Setwil Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Riau mengatakan, meski verifikasi media oleh Dewan Pers atau DP itu tidak sebenarnya perlu dilakukan, namun memungkinkan juga di tengah iklim informasi yang kian tak terbendung saat ini, karena banyak berita-berita atau informasi yang sifatnya bohong atau hoax.

Verifikasi terhadap perusahaan Pers Harian Berantas ini dan media lain di Riau, kata B Anas, patut diapresiasi. Sebab menjelang akhir tahun setiap tahunnya sebelumnya yakni, dari 2014 s/d 2016, perusahaan Pers Harian Berantas ini tetap saja menerima formulir perusahaan Pers dari Dewan Pers untuk dikirim kembali ke sekretariat Dewan Pers di Jakarta.

Namun formulir pendataan perusahaan Pers yang setiap tahunnya itu dilengkapi secara administrasi badan hukum PT. Berantas Pers Group, tidak pernah mendapat jawaban jika perusahaan Pers Harian Berantas ini terdata oleh Dewan Pers (DP),” ujar B Anas yang juga mahasiswa salah universitas di Kota Pekanbaru tersebut.

Namun demikian harap dia, media yang belum terjangkau atau yang tidak terverifikasi jikalau tersandung masalah hukum, harus diawasi, dilindungi juga berdasarkan ketentuan tugas pokok Pers No. 40 tahun 1999 yang merupakan lex specialis.

Sebab sejak tahun 1999 era kebebasan Pers, siapapun bisa mendirikan perusahaan Pers asalkan badan hukumnya berbentuk PT/CV, Koperasi/Yayasan, ujar PU Harian Berantas ini mengingatkan. (Tim)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas