Headlines News :
Home » » Gagal Bahas APBD 2018, Suharto: Exsecutif Harus Ikuti Aturan

Gagal Bahas APBD 2018, Suharto: Exsecutif Harus Ikuti Aturan

Written By Harian Berantas on Monday, December 4, 2017 | 9:00:00 PM

HARIANBERANTAS,  INHU- Teka-teki terkait keterlambatan pengesahan APBD 2018 yang sampai kini tak kunjung berujung paripurna, kini terjawab sebab musebabnya. Beberapa anggota DPRD Inhu memberikan penjelasan yang selama ini hangat diperbincangkan.

Anggota Banggar DPRD Inhu Suharto SH bersama sejumlah anggota dewan lainnya mengatakan, penundaan rapat paripurna bukan menyangkut pokok pokok pikiran (Pokir) tapi, lebih kepada masalah kelengkapan dokumen. Harusnya Exsecutif mengacu pada aturan yang ada.

Suharto mengatakan, bagaimana akan melanjutkan rapat paripurna untuk pembahasan APBD tahun 2018, kalau dukomen RKPD dan KUA-PPAS baru diterima hari ini. Sedangkan Perbup standar harga belum juga terima, termasuk RKA yang baru sebagian diterima dewan," ucapnya kepada sejumlah awak media, Senin (04/12/2017).

Sementara, dewan sudah jauh-jauh hari menyurati exsecutif untuk segera melengkapi semua dokumen untuk dilakukan pembahasan anggaran 2018. Sementara itu, anggota dewan lainnya, Suradi mengatakan, RAPBD tahun 2018 memang sudah diterima tanggal 13 November lalu, namun RKPD dan KUA-PPAS baru diterima hari ini. Sesuai Undang-undang 23 tahun 2014, dokumen tersebut harus diserahkan awal November agar segera dibahas dan disahkan paling lambat 30 November 2017.

"Jadi bukan masalah pokok pikiran, namun menyangkut dokumen yang akan dibahas belum disampaikan ke dewan. Buktinya, dokumen tersebut baru hari ini diterima," ujarnya.

Anggota Banmus DPRD Inhu Doni Rinaldi mengatakan, tahapan pembahasan sudah menjadwalkan pembahasan jauh hari dan sudah disampaikan kepada pemkab. "Banmus juga sudah menanyakan apakah seluruh dokumen sudah disampaikan, tapi baru hari ini diberikan dan itupun belum semua dokumen disampaikan," ujarnya.

Tambahnya, rapat Banmus akan segera dilakukan untuk memastikan apakah pembahasan APBD tahun 2018 akan dilanjutkan atau tidak.

Anggota Dewan lainnya Halasson Sinaga mengatakan hal sama. Jangan salah mengartikan bahwa dewan bukan tidak mau membahas APBD tahun 2018, tapi dokumen yang akan dibahas tak pernah disampaikan. Baru hari ini Exsecutif menyerahkan dokumen yang kita butuhkan," ucapnya singkat (L Manurung)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas