Headlines News :
Home » » PT. IP Kecewakan Warga, Gunardi: Tuntutan Ganti Rugi Tetap Kami Perjuangkan

PT. IP Kecewakan Warga, Gunardi: Tuntutan Ganti Rugi Tetap Kami Perjuangkan

Written By Harian Berantas on Friday, November 3, 2017 | 1:01:00 AM

HARIANBERANTAS,  INHU- Lagilagi Management PT. Inecda Plantations (IP) dapat kritikan pedas dari puluhan warga Desa Tani Makmur Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu Provinsi Riau.
Gunardi, Perwakilan warga Desa Tani Makmur-Rengat Barat

Pasalnya, sesuai jadwal yang telah disepakati antara PT. Inecda Plantations (IP) dengan Perwakilan Masyarakat Desa Tani Makmur Kecamatan Rengat Barat, kamis (2/11/2017) yang seyogiannya akan digelar pertemuan ketiga di Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Jalan Indragiri Pematang Reba.

Pertemuan ini sebagai tindak lanjut dari penyelesaian konflik antara masyarakat dan PT. IP, terkait serangan hama kumbang tanduk (Oryctes) yang merusak ribuan batang kelapa sawit dan kelapa makan milik warga Desa Tani Makmur yang diduga berasal dari kebun kelapa sawit PT. IP yang sudah direplanting.

Pada hal, pertemuan hari ini yang di fasilitasi oleh Distankan Inhu melalui Bidang Perkebunan akan mendengarkan jawaban dari managemen PT. IP terkait tuntutan ganti rugi yang disampaikan masyarakat kepada pihak perusahaan.

Namun, sayangnya tidak satu orang pun utusan PT. IP yang datang ke Distankan Inhu, sehingga pertemuan tersebut batal dilaksanakan, hal ini menyebabkan masyarakat Desa Tani Makmur yang menjadi korban dalam perkara ini merasa sangat kecewa.

Gunardi ( 58 )salah seorang perwakilan masyarakat Desa Tani Makmur saat di temui di kantor Distankan Inhu, Kamis (2/11/2017) mengatakan, bahwa dirinya bersama beberapa orang perwakilan masyarakat Desa Tani Makmur lainnya sudah datang sejak pukul 08.30 wib, namun pihak PT. IP tidak nampak batang hidungnya," ucapnya dengan kesal.

“Hal ini tentu saja membuat kita sangat kesal dan kecewa dengan ulah PT. IP yang ingkar janji. Padahal mereka sendiri yang minta waktu 1 minggu untuk memberi jawaban terkait tuntutan ganti rugi, ” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Distankan Inhu R. Agus Widodo saat dikonfirmasikan melalui Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Distankan Inhu, Dedi Dianto SP, mengatakan, bahwa sudah ada upaya pendekatan dari perusahaan terhadap masyarakat.

"Arahan dari Dinas agar PT. IP memusyawahkan permasalahan ini dengan masyarakat, sudah ada keinginan PT. IP untuk menyelesaikan masalah ini," ungkapnya.

Pihak Distankan Inhu akan melakukan pemantauan terhadap permasalahan ini dalam beberapa hari kedepan, apakah konsep yang ditawarkan oleh perusahaan akan dapat diterima oleh masyarakat.

“Apapun hasilnya akan kita lakukan mediasi kembali antara perusahaan dengan masyarakat,” singkatnya. (Lamhot)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas