Headlines News :
Home » » Kumbang Tanduk Rusak Kebun Warga, Dedi Dianto : PT Inecda Harus Bertanggungjawab

Kumbang Tanduk Rusak Kebun Warga, Dedi Dianto : PT Inecda Harus Bertanggungjawab

Written By Harian Berantas on Friday, October 27, 2017 | 8:44:00 AM

HARIANBERANTAS, INHU- Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Indragiri Hulu, Dedi Dianto SP mengatakan bahwa PT. Inecda Plantations (IP) tidak memiliki itikad baik untuk menyelesaian permasalahan yang terjadi dengan masyarakat.

Penegasan ini disampaikan Dedi dalam pertemuan yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan serangan hama kumbang tanduk terhadap tanaman kelapa sawit dan kelapa makan milik warga di Desa Tani Makmur yang berbatasan langsung dengan PT. Inecda Plantation, Kamis (26/10/2017) di Aula Kantor Distankan Inhu.

"PT Inecda harus bertanggungjawab terhadap masalah yang timbul. Apalagi ini menyangkut kebutuhan hidup sehari hari. Sebelum perusahaan melakukan replanting, tidak ada masalah kumbang tanduk seperti sekarang ini. Artinya, PT Inecda harus bertanggungjawab dong", ucap Dedi dengan nada kesal.

Tambahnya, sekarang saya tanya kepada bapak bapak yang dari PT Inecda, bisa gak masalah ini kita selesaikan..? Kalau gak, Distankan Inhu akan melaporkan hal ini kepada Pak Bupati, " sebut Dedi 

Hadir dalam kesempatan ini Pelaksana Tugas (Plt ) Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Inhu, R. Agus Widodo, Kabid Perkebunan Distankan Inhu Dedi Dianto, Perwakilan Camat Rengat Barat, Senior Manager PT. Inecda, Khamdi, Humas PT. Inecda, Joko Dwiyono serta 2 orang Staff PT. Inecda, Kades Tani Makmur, Boimin dan Perwakilan Masyarakat Tani Makmur.

Dikatakan Dedi, apa yang dilakukan oleh PT. Inecda itu terbalik, karena seharusnya sosialisasi dan pencegahan terhadap serangan hama kumbang tanduk tersebut dilakukan sebelum serangan hama kumbang tanduk tersebut terjadi, bukan setelah terjadi.

“Apapun alasannya ada hubungannya antara reflanting kebun kelapa sawit yang dilakukan PT. Inecda dengan serangan hama kumbang tanduk dengan kebun milik masyarakat", tegasnnya.

Sementara itu Senior Manager PT. Inecda Plantations ( IP), Khamdi mengatakan bahwa tidak ada bukti kalau hama kumbang tanduk yang menyerang kebun warga tersebut berasal dari kebun PT. IP yang direplanting.

Plt Distankan Inhu, R. Agus Widodo meminta kepada pihak perusahaan untuk mencari solusi terhadap hal ini, sehingga tidak menimbulkan konflik antara perusahaan dengan masyarakat, harapnya. (Lamhot)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas