Headlines News :
Home » » Anti Gratifikasi dan Korupsi, KPK Turun Gunung ke Pemkab Inhu

Anti Gratifikasi dan Korupsi, KPK Turun Gunung ke Pemkab Inhu

Written By Harian Berantas on Thursday, October 12, 2017 | 9:52:00 AM

HARIANBERANTAS, INHU- Ternyata keseriusan Bupati Inhu, Yopi Arianto SE, di masa kepemimpinan periode 2015-2020 dalam hal pemberantasan tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintah Kabupaten Inhu, mendapat respon positif dari pimpinan komisioner KPK.

Pasalnya, surat Bupati Inhu yang ditujukan kepada KPK RI Jakarta pada bulan September 2017 yang lalu dengan surat Nomor : 700/IK-INHU/2017/1069 Perihal : Nara Sumber Sosialisasi Gratifikasi, mendapat respon jawaban dari pimpinan KPK. Alhasil, hari ini Rabu 11/10/2017 pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu menerima kedatangan tamu dari fungsional Direktorat Gratifikasi Kedeputian Bidang Pencegahan KPK.

Acara sosialisasi penandatanganan komitmen anti gratifikasi diselenggarakan di gedung baru kantor Bupati Inhu lantai IV yang dihadiri Wakil Bupati Inhu, Ketua DPRD Inhu, Plt Sekda, Plt Inspektorat Inhu beserta ratusan undangan para Kadis, Kaban, Kabag, Kakan, Camat dan Kades.

Fungsional Direktorat Gratifikasi Kedeputian Bidang Pencegahan KPK RI Jakarta, Widiyanto Eko Nugroho, saat diwawancara media Harian Berantas, Rabu (11/10) mengatakan, jangan sekali kali menerima sesuatu atas pemberian apa pun bentuknya yang berhubungan dengan pekerjaan ASN baik pejabat maupun penyelenggara negara.

"Resiko hukum pasti ada, siapa pun dia, apapun jabatanya, apabila melakukan perbuatan yang dilarang oleh undang undang tindak pidana korupsi, konsekwensinya ada dong. Intinya, seorang pejabat negara itu tidak melakukan perbuatan tindak pidana korupsi, tidak terlepas atas kepatuhan terhadap aturan", sebutnya.

Saya hadir dalam acara ini, tidak terlepas dari surat permohonan Bupati Inhu kepada KPK RI Jakarta bulan September 2017 yang lalu. Ya, kita apresiasi langkah Bupati Inhu," sebut Eko Nugroho menjawab awak media.

Tambahnya, selain Kabupaten Indragiri Hulu, sudah ada beberapa kabupaten melakukan hal yang sama. Antara lain : Dumai, Siak, Pekanbaru, Kampar, Pemprov Riau. Besok di Kabupaten Indragiri Inhil.

Di sisi lain, saat awak media minta tanggapan terkait ketidakhadiran Bupati Yopi. Kades Suka Maju, Batin Tiau sangat menyayangkan sikap Bupati Yopi Arianto yang tidak hadir dalam acara ini. Padahal Pak Yopi Arianto yang undang saya, kok dia (Yopi, red) pula gak hadir," sesal Tiau (Lamhot)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas