Headlines News :
Home » » 12 Tahun Beroperasi, Bupati Inhu: Audit Keuangan Koperasi Albaroqah

12 Tahun Beroperasi, Bupati Inhu: Audit Keuangan Koperasi Albaroqah

Written By Harian Berantas on Tuesday, October 10, 2017 | 1:13:00 AM

HARIANBERANTAS, INHU- Walaupun  Bupati Inhu H Yopi Arianto SE ditengah kesibukan menjalankan tugas, namun masih menyempatkan diri menjumpai rapat antara perwakilan warga Desa Sungai Guntung Hilir di ruang kerja Sekda kantor bupati Inhu yang dipimpin langsung Pelaksana Tugas (Plt ) Sekda Pemkab Inhu, H. Hendrizal Senin (9/10/2017).

Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE dengan tegas menyampaikan dihadapan semua perwakilan warga yang ikut rapat, memerintahkan agar secepatnya dilakukan  audit terhadap Koperasi Albaroqah.

Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE menyampaikan agar koperasi albaroqah di audit  disaat rapat dialog dengan perwakilan dari massa  yang di pimpin Plt Sekda Pemkab Inhu H Hendrizal, dan didampingi Plt Dinas Koperasi UKM Pemkab Inhu, Kabid Perkebunan dan lima orang perwakilan massa warga Desa Sungai Guntung Hilir.

Bupati Inhu menambahkan, pemerintah desa tidak boleh ikut terlibat langsung dalam struktur kepengurusan koperasi dan jika ada Aparatur Sipil Negara (ASN) ikut masuk dalam kepengurusan koperasi boleh boleh saja asalkan profesional dan jujur. 

Untuk itu, tuntutan warga Desa Sungai Guntung Hilir agar di selesaikan dan koperasi albaroqah supaya diaudit, kemudian apa tuntutan mereka agar di musyawarahkan dengan baik," ucapnya

Selama rapat berlangsung, Ketua koordinator massa, Juni Indrawadi   mengatakan, selama ini pengurus Koperasi Albaroqah tidak pernah membuat rincian hasil produksi kebun plasma secara transparan dan setiap panen hasil kebun tidak pernah kami tau, " sebut Juni.

Ketua LSM  MPR Bernas Kabupaten Inhu, Hatta Munir di saat memantau demo mengatakan, kepada wartawan  sangat mendukung langkah Pak Bupati yang memerintahkan untuk dilakukan audit terhadap Koperasi Albaroqah oleh Pemkab Inhu agar jelas selama ini hasil produksi kebun plasmanya.

Tambahnya, karena selama ini pengurusnya itu tidak transparans dalam hal hasil produksi sehingga menimbulkan permasalahan hingga demo ke kantor bupati Inhu. Jadi, wajar wajar saja dilakukan audit terhadap Koperasi Albaroqah, apalagi sudah 12 tahun Koperasi Albaroqah bermitra dengan pihak perusahaan PT Tani Subur Makmur.

"Dengan adanya Koperasi Albaroqah untuk dua desa yang sudah bermitra dengan pihak perusahaan tujuanya kan untuk kesejahteraan anggota bukan untuk menderita sebagaimana yang disampaikan warga saat demo tadi," kata Hatta Munir.

Selanjutnya, kita juga sangat sesalkan kinerja Dinas Koperasi UKM Inhu, khususnya petugas pengawas dan pembina yang tidak menjalankan amanah sesuai dengan AD RT koperasi sehingga  selalu terjadi permasalahan koperasi. Apa guna nya AD RT koperasi tersebut ? Kalau mau contoh, banyak terjadi masalah koperasi dengan masalah yang sama juga," sebut Hatta.

Untuk itu, kita  minta kepada pak Bupati Inhu sebaiknya pèngawas dan pembina Dinas Koperasi UKM Inhu yang kerja dilapangan diganti saja yang profesional agar tidak timbul lagi masalah kedepan," harapnya. (Lamhot)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas