Headlines News :
Home » » Dirut Rumah Media Dilaporkan Terkait Penghinaan di Akun WhatsApp

Dirut Rumah Media Dilaporkan Terkait Penghinaan di Akun WhatsApp

Written By Harian Berantas on Friday, September 1, 2017 | 11:38:00 PM

HARIANBERANTAS, JAKARTA- Ketua Presidium Forum Pers Independen Indonesia (FPII), Kasihati, telah secara resmi melaporkan unggahan (upload) kata-kata pada group media sosial WhatsApp yang diduga diposting oleh terlapor, bernisial RW (Roy Wijaya), mengandung unsur dugaan penghinaan harkat, martabat, dan harga diri Ketua Presidium FPII (Organisasi Pers), ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), 24 Agustus 2017 lalu.


RW, yang juga merupakan Direktur Rumah Media, terduga pemilik akun tersebut, dinilai telah melecehkan dan menghina Kasihati, yang juga Ketua Presidium organisasi Pers FPII, melalui akunnya yang tergabung dalam group akun WhatsApp.

Dimana sesuai fakta, unggahan (upload) kata-kata pada media sosial WhatsApp disertai dengan gambar photo korban (Kasihati-red). “Dasar itulah yang menguatkan klien kami membuat laporan resmi ke polisi,” ungkap kuasa hukum korban (Kasihati) dari Kantor Hukum Law Firm Indranas Gaho & Partners kepada Harian Berantas, di Jakarta, Sabtu (02/09/2017.

Dalam laporannya, Kasihati (korban-red), membawa sejumlah bukti print out postingan yang bernuansa penggiringan opini, pelecehan sekaligus penghinaan terhadap ketua organisasi Pers.

Berikut relisan kuasa hukum korban dari Kantor Hukum Law Firm Indranas Gaho & Partners, Jakarta, kepada Harian Berantas. Terkait maraknya beberapa tulisan opini yang tersebarluaskan, baik melalui media online dan maupun melalui media sosial atas laporan Klien kami Kasihhati kepada Bareskrim Mabes POLRI dengan terlapor berinisial RW dengan nama yang sesungguhnya, D Roy Wijaya,S.ip.,M.Sc.,P.Hd yang juga selaku Direktur Rumah Media di Jakarta, dengan tanda bukti penerimaan lapor, Nomor: TBL/566/VIII/ 2017/Bareskrim, tanggal 24 Agustus 2017 lalu, dengan dugaan tindak pidana fitnah dan pencemaran nama baik melalui media sosial sebagaimana diatur dalam pasal 27 ayat (3) Jo 45 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang ITE danPasal 310 KUHP dan 311 KUHP.

Menyimak dan telaah beberapa opini dan pemberitaan tersebut, kami selaku Kuasa Hukum Kasihhati (Pelapor) dari Kantor Hukum Law Firm Indranas Gaho & Partners, menyampaikan dan menegaskan bantahan sebagai berikut:

Bahwa klien kami adalah korbanpenghinaan dan Pencemaran nama baik di media sosial/ WhatsApp yang dilakukan RW yang juga Direktur Rumah Media. Bahwa klien kami, memiliki hak dan beralasan hukum untuk melaporkan RW kepada Bareskrim Mabes Polri untuk mendapat keadilan dan untuk mendapatkan perlindungan hukum atas hak-hak privasinya (Individu).

bahwa laporan/pengaduan klien kami tidak berhubungan dengan issu polemik permasalahan komunikasi internal manapun. Karena secara jelas dan terang, bukti foto disertai tulisan yang tak terpuji itu disebarkan oleh RW melalui Media SosialWhatsApp yang mengandung unsur menyerang kehormatan dengan disertai kalimat penghinaan pencemaran nama baik. 

Dengan demikian, laporan Klien kami murni persoalan Privasi (hal pribadi) dan tidak berkaitan dengan issue polemik permasalahan komunikasi internal manapun.

Kemudian ungkap Kuasa Hukum, bahwa gambar dan tulisan disebarkan oleh RW yang juga seorang Direktur Rumah Media ini jelas kelihatan adanya unsur kesengajaan yang dilakukan secara sadar, yang tidak dapat dikualifikasikan sebagai candaan dan guyonan-guyonan internal. 

Kami mengharapkan peran serta semua pihak baik didalam Negeri maupun Dunia Internasional untuk secara bersama-sama mengawal kasus perbuatan fitnah dan pencemaran nama baik ini, agar korban (klien kami) memperoleh keadilan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku. “Stop kekerasan terhadap kaum perempuan dan lawan cendekiawan yang anti kesetaraan !!!, ajak konsultan hukum, Indranas Gaho & Partners. (soz).
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas