Headlines News :
Home » » Terpilih Mengenakan pakaian Adat Nias terbaik, Menkum HAM Yasonna Laoly Terima Hadiah dari Presiden RI, Jokowi

Terpilih Mengenakan pakaian Adat Nias terbaik, Menkum HAM Yasonna Laoly Terima Hadiah dari Presiden RI, Jokowi

Written By Harian Berantas on Thursday, August 17, 2017 | 11:06:00 PM

HARIANBERANTAS, JAKARTA- Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo sebagai salah satu peserta Upacara Peringatan HUT RI ke-72 dengan mengenakan pakaian adat terbaik.
Menkum HAM Yasonna Laoly
Yasonna dipilih oleh Presiden karena mengenakan pakaian adat Nias. Memang pakaian yang dikenakan oleh Politikus PDI Perjuangan itu sangat mencolok. Yasonna menjelaskan, pakaian adat itu merupakan pakaian perang masyarakat Nias pada dahulu kala.

"Sebetulnya baju perang ini. Sebetulnya lengkapnya ini, ada pedang di sini, ada tombak, ada namanya baluse," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/08/2017).

Yasonna menjelaskan ini kali kedua dirinya mengenakan pakaian adat Nias. Sebelumnya, pakaian yang sama dikenakan saat Upacara Peringatan Hari Pancasila 1 Juni 2017 lalu.

"Suatu kehormatan besar saya bisa memakai kebesaran adat Nias dan dapat penghargaan dari Presiden sebagai busana adat terbaik pada kesempatan ini. Ini kehormatan besar buat saya," katanya.

Menurut Yasonna, sepeda yang diberikan oleh Presiden itu akan dipakai untuk berolahraga. Sambil berkelakar, Yasonna mengatakan sepeda itu akan disimpan dan nantinya diserahkan ke anak dan cucunya. "Itu berharga, tidak bisa dijual itu, itu disimpan sampai anak cucu," ujarnya.

Seperti diketahui, berdasarkan penilaian, ada lima orang yang yang menggunakan pakaian adat terbaik, yakni Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Hamonangan Laoly dengan pakaian adat Nias, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang yang menggunakan pakaian adat Minang, dan Asisten Ajudan Presiden Syarif Muhammad Fidriansyah dengan pakaian adat Dayak, Kalimantan Barat.

Dua orang lainnya adalah istri Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Tri Suswati yang mengenakan pakaian adat Papua, dan istri Wakil Ketua MPR Mahyudin, Agati Suli menggunakan baju adat Dayak. [bal/soz]
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas