Headlines News :
Home » » Acheng Bantah Tudingan Money Politik Uang di Pilkades Dungun Baru

Acheng Bantah Tudingan Money Politik Uang di Pilkades Dungun Baru

Written By Harian Berantas on Sunday, August 13, 2017 | 8:45:00 PM

HARIANBERANTAS, BENGKALIS- Acheng, yang tidak menyangkan adanya gugatan keberatan atas kemenangan yang diraih dalam pertarungan pilkades serentak di Desa Dungun Baru Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis pada tanggal 11 Juli 2017 lalu, membantah jika dirinya ada melakukan money politik membayar sebagian pemilih dengan nominal uang.
ACHENG, saat jumpa Pers di Bengkalis, Minggu (13/08/2017)
Dalam keterangan Pers-nya, Minggu (13/08/2017) sore di Bengkalis,, "Ya ini saya mau klarifikasi saja. Masalah yang berkaitan dengan masalah Pilkades di Desa Dungun Baru, Rupat tanggal 11 Juli 2017 lalu, saya tegaskan tidak ada saya bermain politik uang kepada warga. Tuduhan seperti yang diberitakan di media maupun yang dilaporkan, tidak ada sama sekali," kata Acheng.

Dia juga membantah soal adanya surat undangan kepada salah seorang pemilih atau warga yang hak pilih mereka diklaim untuk dicoblos atau digantikan oleh orang lain. “Itu semuanya tidak benar. Karena pada saat pencoblosan terjadi di TPS 01, tidak satu orang pun saksi dari kami para calon yang keberatan, kalau ada suara orang lain yang digantikan sama orang lain. Soal ada tidaknya kejadian pencoblosan suara lain yang digantikan oleh orang lain, termasuk surat undangan pemilih yang tidak masuk dalam DPT, itu kewenangan dan tanggungjawab sepenuhnya panitia penyelenggara Pilkades,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, selain gugatan keberatan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis, tanggal 14 Juli 2017 dan 08 Agustus 2017, atas dugaan beberapa faktor  pelanggaran oleh panitia penyelenggara pemilihan kepala desa serentak di Desa Dungun Baru Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis-Riau, ketua panitia serta beberapa anggota panitia pilkades, BPD, telah dilaporkan ke polisi oleh salah satu calon yang merasa dicurangi dan dirugikan. 

Dihimpun www.harianherantas.co.id, ada tiga calon yang lolos verivikasi yang bersama-sama bertarung dalam Pilkades di Desa Dungun Baru Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis pada tanggal 11 Juli 2017 lalu.

Dalam proses pelaksanaan Pilkades serentak di desa yang telah terselenggara tersebut, terindikasi adanya pelanggaran yang diduga dilakukan oleh oknum panitia penyelenggara Pilkades seperti dugaan manipulasi, curang, kejahatan terhadap penguasa umum, kejahatan terhadap kemerdekaan orang, dan pratik manipulatif dan pembohongan terhadap publik.

Atas kejadian dugaan ketidak adilan, jujur, dan transparan dalam penyelenggara Pilkades tersebut, salah satu calon dengan nomor urut 01, (Adiah-red), menggugat panitia pilkades hingga menempuh jalur hukum ditingkat kepolisian, pada tanggal 14 Juli 2017, dan tanggal 08 Agustus 2017 pekan lalu.

Penyimpangan yang diduga pertama kali dilakukan panitia penyelenggara Pilkades ialah pleno penetapan calon terpilih yang dilakukan langsung pada waktu hari pemilihan yaitu 11 Juli 2017 sekira pukul 17.00 wib. Sementara, berdasarkan Keputusan Bupati,  Nomor: 454/KPTS/12/2016 tanggal 30 Desember 2016, pleno penetapan calon terpilih oleh Panitia Pilkades, dilakukan pada tanggal 13-14 Juli 2017.

Kemudian, dalam MoU Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dibuat panitia penyelenggara Pilkades, juga melibatkan aparat pemerintah Desa setempat yaitu penjabat (Pj) Kepala Desa, M. Rais, M.Si dan sebagainya.

Untuk diketahui, berdasarkan kegiatan rapat pleno yang dilaksanakan panitia Pilkades Dungun Baru Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis-Riau pada tanggal 11 Juli 2017 lalu, calon Kades dengan nomor urut 1 (Adiah-red) memperoleh suara yakni 304 suara.

Sementara calon nomor urut 2 (Tumijan) memperoleh suara sebanyak 102 suara. Dan calon nomor urut 3 (Acheng, S.Pd) yang memper oleh suara terbanyak yaitu 310 suara, dan atau selisih sebanyak 6 suara dari suara yang diraih calon nomor urut 01 (Adiah-red). (Choirul)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas