Headlines News :
Home » » LSM KPK Serahkan Bukti Tambahan Kasus Proyek MY di Bengkalis ke KPK

LSM KPK Serahkan Bukti Tambahan Kasus Proyek MY di Bengkalis ke KPK

Written By Harian Berantas on Thursday, December 8, 2016 | 6:13:00 AM

HARIANBERANTAS, JAKARTA- Dewan Pimpinan Pusat LSM KPK dari Pekanbaru-Riau bersama Dewan Pmpinan wilayah di Provinsi Jawa Barat (Bandung),  kembali membuka bukti-bukti dugaan korupsi LSM anti korupsi ini secara langsung memberikan satu bundel dokumen berisi temuan-temuannya terkait pratek dugaan korupsi dan gratifikasi untuk memuluskan hasil pekerjaan menjadi 71,138% dan dugaan rekayasa jaminan pelaksanaan peningkatan jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih (Multi Years) Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis dengan nilai kontrak pada tahun 2013-2015 sebesar Rp.495.319.678.000,00, (Empat ratus sembilan puluh lima miliar).


Dokumen yang diserahkan merupakan ulasan pengalokasian anggaran pekerjaan peningkatan jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih (Multi Years) Kecamatan Rupat yang dilaksanakan secara tahun jamak atau multi years tahun 2013-2015 oleh PT. Mawatindo Road Constuction (swasta).

Menurut Koordinator Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (DPW LSM KPK) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Nanda, dokumen yang baru disampaikan oleh Ketua Umum KPK dari Pekanbaru-Riau kepada lembaga anti rasuah atau KPK, untuk memberikan gambaran mengenai indikasi awal adanya praktik dugaan korupsi dan kejanggalan dalam penentuan pemenang lelang proyek di ULP Kabupaten Bengkalis pada tahun 2013 silam.

Kemudian, bukti dugaan gratifikasi berupa benda bergerak ditambah nominal uang kepada oknum-oknum pejabat di Dinas PU didaerh setempat, serta bukti progres pekerjaan yang telah dilakukan dilapangan. Hal itu didasarkan pada dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dari dokumen tersebut, menurut Nanda, ada beberapa hal dalam penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan rencana anggaran biaya atau RAB.

"Kedatangan kami terkait dengan pernyataan salah satu oknum pejabat yang masih aktif saat ini di Dinas PU Kabupaten Bengkalis kepada ketua DPP kami di Pekanbaru-Riau beberapa waktu di Bengkalis, kalau oknum pejabat tersebut, ada memiliki rekan dan teman dekat dengan salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK maupun beberapa pejabat Polri di Bareskrim Polri dan di Polda Riau, dan Kejaksaan. 

Bahkan oknum pejabat PU di Kabupaten Bengkalis tersebut menyebutkan, kalau pejabat anti rasuah atau KPK kita yang sekarang ini bukan malaikat, dan gampang diatur oleh pejabat daerah.

Menyikapi hal ini, Deputi Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat KPK RI, Sugmana Zam Zami usai menerima bukti tambahan yang diterima secara resmi di gedung KPK dari Dewan Pimpinan Pusat LSM KPK, Kamis 08 Desember 2016 mengatakan, pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akan segera menyikapi bukti tambahan laporan tindak pidana tersebut untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Saya terima bukti tambahan laporan ini, untuk kami lakukan penyelidikan seterusnya. Segera kami pelajari dan hasilnya tetapkan kami sampaikan kepada pelapor dalam hal ini kepada LSM KPK di Pekanbaru," kata Zam Sugmanan.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, LSM KPK mengungkapkan, adanya dugaan korupsi serta gratifikasi/suap dan atau dugaan pemalsuan dalam pencairan nilai anggaran terhadap pekerjaan peningkatan jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih (Multi Years) Kecamatan Rupat di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau tahun 2013-2015 lalu itu.

Bahkan proyek yang nilai anggaran lebih dari Rp495 miliar itu, dikabarkan dibekingi oknum-oknum tertentu dari lembaga hukum maupun salah satu nama partai politik. Untuk diketahui siapa saja oknum-oknum pejabat lembaga negara yang diduga dibalik layar penyimpangan proyek ratusan miliar tersebut. tunggu laporan informasi berikutnya, atau simak ulasan berita- krup media ini pada edisi mendatang. (SOZ)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas