Headlines News :
Home » » Kontraktor Diperas, Oknum PPTK Dinas PU Bengkalis Layak Dikerangkeng

Kontraktor Diperas, Oknum PPTK Dinas PU Bengkalis Layak Dikerangkeng

Written By Harian Berantas on Sunday, December 25, 2016 | 10:53:00 AM

HARIANBERANTAS, BENGKALIS- Watak korup para oknum pejabat di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkalis, kembali mencuat. Kali ini salah satu oknum Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di UPTD Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis di Rupat berinisial H (Hendri) diduga kuat sering memeras kontraktor proyek demi kepentingan pribadi dengan memanfaatkan jabatan yang dimilikinya.
Berdasarkan bukti data dari hasil investigasi yang dilakukan media ini dilapangan, perbuatan jahat PPTK Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis ini diduga telah dilakukan berkali-kali kepada para kontraktor proyek. Bahkan sebagian modus pungutan liar (Pungli) dan pemerasan itu, mengatasnamakan Kapolsek atau Polisi.

Pemerasan yang diduga dilakukan PPTK Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis, Hendri itu, menyasar para kontraktor yang mengerjakan kegiatan proyek di Kecamatan Rupat dibawah pengawasannya.

Dalam menjalankan aksinya oknum pejabat yang disebut memiliki hubungan dekat dengan salah satu anggota DPRD Bengkalis ini dilakukan mulai saat peninjauan lokasi proyek, jatah uang untuk Kapolsek atau Polisi, biaya alat/mata Cor, dan pemerasan dengan dalih biaya tanda tangannya PPTK di dalam dokumen termyn masing-masing proyek yang telah selesai dikerjakan para kontraktor.

Selain meminta atau memungut uang (Pemerasan), para kontraktor dipaksakan oleh PPTK, Hendri, wajib membeli bahan material proyek miliknya Hendri, seperti material besi wire mesh dan bahan material proyek lainnya.

Ironisnya, kalau material proyek seperti besi wire mesh milik oknum PPTK dibawah standart dan tidak sesuai RAB itu tidak dibeli oleh rekanan kontraktor, PPTK proyek Hendri, tidak menerima hasil pekerjaan proyek selesai kalau dirinya tidak uang oleh rekanan kontraktor.

“Minta tolong masalah ini jangan diberitakan, Saya dan pak Camat lagi acara di Rupat. Minta tolong bukti kwitansi dan rekaman itu jangan dilaporkan dan di ekspos, minggu ini saya ke Bengkalis,” jawab Hendri PPTK proyek tukang pemeras para kontraktor itu menjawab harianberantas.

Sampai sekarang kata Hendri, Tim PPHP  sedang melirik sejumlah kegiatan proyek di Rupat, dan kondisinya Hendri pun kurang sehat. “Tim PPHP masih di rupat dan kondisi saya kurang sehat (demam dan batuk-batuk), ujar Hendri.

Untuk itu, dihimbau berbagai pihak dalam hal ini lembaga aparat hukum dan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) memeriksa dan mengaudit harta kekayaan para oknum-oknum PPTK yang ada di Dinas PU Bengkalis termasuk kekayaan para oknum Kasi, Kabid dan Kadis terkait.

“Tindakan oknum PPTK seperti itu harus dilaporkan, dan tidak bisa dibiarkan. Kare-nanya, untuk mengetahui sejauhmana kebenaran informasi tersebut, kita berharap agar penegak hukum dan PPATK segera memeriksa atau mengaudit harta pejabat di lingkungan Dinas PU Kabupaten Bengkalis itu termasuk Pembina SKPD bersangkutan dan KPA masing-masing proyek,” ujar salah satu aktivis LSM Komunitas Pemberantas Korupsi atau LSM KPK kepada Wartawan, Minggu (25/12/2016). (Udin/ Anang)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas