Headlines News :
Home » , » TIM DPW LSM KPK SUMBAR MENGAWASI PROYEK IRIGASI DI BATU KAMBING KABUPATEN AGAM

TIM DPW LSM KPK SUMBAR MENGAWASI PROYEK IRIGASI DI BATU KAMBING KABUPATEN AGAM

Written By Harian Berantas on Thursday, October 13, 2016 | 4:32:00 PM

HARIANBERANTAS, SUMBAR--- Berdasarkan laporan masyarakat Nagari Batu Kambing Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat kepada tim DPW LSM KPK SumBar pada tanggal 3 Agustus 2016 melalui Syafroni.


Masyarakat Batu kambing meminta agar tim DPW LSM KPK Sumbar turun kelokasi Proyek Pembangunan irigasi untuk menyelesaikan kejanggalan pekerjaan pembangunan oleh Kontraktor CV. UKAIL SURYA INDOTAMA.

Anggaran dana proyek tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) tahun 2016 sebanyak Rp. 979.500.000,- ( Sembilan Ratus Tujuh Puluh Sembilan Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) dengan tiga paket pekerjaan.

Pada tanggal 03 Agustus 2016 sekitar jam 2 siang tim LSM KPK Sumbar turun kelokasi Proyek pembangunan irigasi tersebut, untuk mengikuti Rapat musyawarah penyelesaian di kantor Wali Nagari Batu Kambing yang dihadiri Kepala Bidang Irigasi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Agam, Camat Ampek Nagari, Wali Nagari Batu Kambing, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Nagari Batu Kambing.

Hasil dari kesepakatan rapat bersama-sama  memutuskan, mencek atau memeriksa langsung ke lokasi tempat Proyek tersebut.

Setelah diperiksa bersama-sama terbukti pekerjaan kontraktor CV. UKAIL SURYA INDOTAMA tidak sesuai dengan Spesifikasi Teknis Kerja, maka kepala bidang irigasi dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Agam provinsi Sumatera Barat menyatakan dihadapan tim DPW LSM KPK Sumatera Barat, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Nagari batu kambing bahwa Proyek tersebut di bongkar dan di ulang kembali pembangunannya sesuai dengan Spesifikasi Teknis Kerja.

Setelah pembongkaran dilaksanakan akan tetapi masih ada kejanggalan yang tidak sesuai dengan standar harapan masyarakat dan tim LSM KPK Sumbar, sehingga tim LSM KPK SUMBAR  mengirim surat resmi kepada Kepala dinas PU Kab. Agam untuk meminta salinan / copyan Spesifikasi Teknis Kerja, akan tetapi sampai sekarang surat tersebut tidak ada balasan dan spesifikasi teknis kerja tersebut tidak didapatkan oleh tim LSM KPK Sumbar. padahal surat tersebut telah di tembuskan melalui Bupati Kabupaten Agam dan Ketua DPRD Kabupaten Agam sejak tanggal 12 Agustus 2016.

Kalau diperhatikan Proyek  tersebut dengan rumusan rencana program dan kegiatan SKPD tahun 2016 di dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Agam kebutuhan dana atau pagu indikatifnya adalah untuk Kampung Parit kecamatan Ampek Nagari dengan luas 35 hektar anggaran dananya Rp. 500 juta, untuk Tompek Kecamatan Palembayan dengan luas 137 hektar anggaran dananya Rp. 450 juta, untuk Sungai Jaring Kecamatan Matur dengan luas 31 hektar anggaran dananya Rp. 400 juta sehingga ada praduga bahwa proyek tersebut ada kejanggalan.

Tim DPW LSM KPK Sumbar telah mendatangi dinas Pekerjaan Umum akan tetapi kepala dinas selalu mengelak-elak untuk bertemu dan tidak mau menanggapi tentang surat yang dikirim tim LSM KPK, Karena tidak ada tanggapan dari Kepala dinas PU Kab. Agam tim LSM KPK Sumbar akan mencari langkah-langkah lebih lanjut untuk pengawasan Proyek ini irigasi tersebut baik secara formal maupun secara tindakan yang sesuai dengan hukum UU yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia. ** Masril Korlip**
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas