Headlines News :
Home » » PNS Pelaku Pungli Siap-siap Ditangkap

PNS Pelaku Pungli Siap-siap Ditangkap

Written By Harian Berantas on Sunday, October 16, 2016 | 6:00:00 AM

HARIANBERANTAS, BATAM- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengingatkan agar aparatur sipil negara (ASN) bisa melayani masyarakat dengan baik. Jangan sampai memberikan pelayanan yang bertele-tele hingga akhirnya menyulitkan rakyat.


"ASN adalah pelayan rakyat. Pelayanan itu adalah hak rakyat, jadi jangan main-main," ujar Asman di Batam,  seperti diberitakan Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini (15/10).

Ia menekankan dalam pelayanan tidak boleh adanya pungutan liar (pungli). Apalagi pihaknya sudah membentuk operasi penangulanggan pungli (OPP) untuk menangkap siapa saja ASN yang bermain.

"Tak boleh lagi adanya punggutan diluar uang resmi dari pelayanan. Jadi saya tegaskan tak ada lagi pungli. Kita sudah punya OPP untuk itu," jelas Asman.

Ditegaskannya, pemerintah pusat telah menggunakan pelayanan berbasis online. Sehingga mempermudah warga dalam mengurus apa saja.

"Sekarang semua pelayanan publik harus transparan. Ada struk. Dan biaya pelayanan itu akan masuk ke APBD dan PAD," ujarnya.

Menyoal soal pungli, menurut dia setiap daerah sudah ada yang mengatur. Seperti untuk Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah diatur dalam Perda, sedangkan Badan Pengusahaan (BP) Batam diatur oleh Peraturan Kementrian Keuangan (PMK).

"Setiap daerah sudah ada yang mengatur. Jadi saya tegaskan, tak ada lagi pungutan-pungutan," tegas Asman yang langsung diaminkan oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Kepala BP Batam Hartanto. (Sz/hrb)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas