Headlines News :
Home » » LSM KPK Wilayah Sumbar, Siap Bekerjasama Dengan Polda Sumbar Berantas Pungli dan Korupsi

LSM KPK Wilayah Sumbar, Siap Bekerjasama Dengan Polda Sumbar Berantas Pungli dan Korupsi

Written By Harian Berantas on Thursday, October 20, 2016 | 3:36:00 PM

HARIANBERANTAS, SUMBAR- Dewan Pimpinan Wilayah LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (DPW LSM KPK) Provinsi Sumatera Barat, menemui Koord Sprim Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar, Kompol Dasveri Abdi, SIk, Kamis (20/10/2016) pekan lalu. 


LSM KPK wilayah Sumbar siap bekerja sama dengan Kepolisian maupun Kejaksaan di daerah setempat untuk memberantas kasus dugaan pungutan liar (Pungli) maupun tindak pidana korupsi di wilayah hukum Polda Sumbar dan wilayah hukum Kejaksaan Provinsi Sumatera Barat.

“Kita berharap supaya pemberantasan Pungutan Liar (Pungi) lebih ditingkatkan, karena kita sama-sama mengetahui bahwa pungutan liar atau Pungli masih menjadi penyakit yang mengakar di banyak aparatur pemerintah. Bahkan, menyebabkan Bangsa Indonesia mendapatkan peringkat kemudahan investasi jauh tertinggal dibanding negara Asean lainnya,” kata Ketua DPW LSM KPK Sumbar, Yusniadi, didampingi Sekretaris-nya Jusri Zai dan Korlap Investigasi Masril di Mapolda Sumbar, usai menyerahkan surat audensi ke Kapolda, Brigjen Pol. Drs Basarudin, SH, MH yang diterima oleh Koorsprim, Kompol Dasveri Abdi, Sik, Kamis (20/10) lalu.

LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM KPK) wilayah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) juga mengharapkan peran aktif masyarakat terkait masalah Pungli atau pungutan liar. Sebab tanpa peran masyarakat aparat hukum, tidak bisa memberantas secara tuntas.  

“Di negeri ini, khususnya di Sumatera Barat ini sangat diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang jujur. Selama ini, ngurus Sertifikat, ngurus KTP, SIM dan lain sebagainya itu semuanya serba bayar. Sangat membebani masyarakat bawah sampai atas,” sebut ketua LSM KPK Sumbar ini.

 “Kita sangat tertinggal dari Provinsi tetangga lain, bahkan Negara. Oleh sebab itu, kita harus berjuang agar mempunyai manusia yang punya integritas,” tegas  Yusniadi.

Mengenai kasus korupsi, LSM KPK Wilayah Sumbar juga berharap dengan kepolisian dan kejaksaan supaya kedepan lebih serius lagi untuk melakukan pemberantasan kasus korupsi, supaya Provinsi Sumbar bersih dan bebas dari belenggu Korupsi atau KKN.

Ketua DPW LSM KPK Sumbar juga berpesan pada masyarakat Sumbar tanpa terkecuali, jika ada menemukan dugaan penyimpangan atau kejanggalan dalam program Pemerintah yang bersumber biaya berasal dari APBD, APBN dan bantuan luar negeri (Loan) dan lain sebagainya, dapat disampaikan atau dilaporkan ke lembaga LSM KPK Sumatera Barat untuk diteruskan ke beberapa lembaga hukum lainnya seperti kepada Presiden, KPK, Polri, Kejaksaan, DPR dan lembaga hukum lainnya, pungkas ketua LSM KPK Sumbar. (def)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas