Headlines News :
Home » , » Pelindo II alokasikan Rp4 Triliun untuk Pembangunan Kanal Cikarang Bekasi Laut

Pelindo II alokasikan Rp4 Triliun untuk Pembangunan Kanal Cikarang Bekasi Laut

Written By Harian Berantas on Monday, September 12, 2016 | 8:32:00 PM

HARIANBERANTAS- Indonesia Port Corporation (IPC) atau PT Pelindo II (Persero) melanjutkan rencana pembangunan proyek transportasi kontainer berbasis kanal atau sungai (waterway), yang memanfaatkan kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL) sepanjang 40 kilometer (km) di Bekasi, Jawa Barat. Perseroan mengalokasikan dana sekitar Rp 4 triliun untuk membangun sungai buatan tersebut. 


"Kira-kira Rp3 triliun sampai Rp 4 triliun kami belum mendapatkan angka konkretnya," ujar Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) Elvyn G Masassya di Pelabuhan New Priok, Jakarta, Senin (12/9).

Menurutnya, dana tersebut berasal dari internal perseroan melalui penerbitan obligasi pada tahun lalu. "Kita kebetulan tahun lalu pernah issue bond, kemudian hasilkan kas internal yang kita pakai untuk pembiayaan. Kita prioritaskan Cikarang Bekasi Laut (CBL) dan Pelabuhan Kijing," jelas Elvyn.

Sekedar informasi, ide ini sendiri sebenarnya berasal dari pertemuan antara Direktur Utama IPC terdahulu RJ Lino bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Presiden Joko Widodo pada Februari 2015.

Jokowi sendiri sangat tertarik dengan rencana proyek ini untuk mengurangi pergerakan barang dari pusat industri di timur Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan rencana ini, kanal CBL bakal bisa dilewati 2 kapal tongkang sekaligus. Jalur kanal ini dibuat untuk mengurangi penggunaan truk angkutan dari pelabuhan ke kawasan industri yang selama ini menimbulkan kemacetan.

Diilustrasikan, setiap tongkang mampu mengangkut 160 kontainer sekali jalan. Hal ini setara mengurangi antrean truk kontainer sepanjang 3 km di jalan raya. ***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas