Headlines News :
Home » » Terkait Dugaan Korupsi sebesar Rp5,6 Miliar, Dirut P.TKI Medan Resmi Tersangka Kejati Sumut

Terkait Dugaan Korupsi sebesar Rp5,6 Miliar, Dirut P.TKI Medan Resmi Tersangka Kejati Sumut

Written By Harian Berantas on Tuesday, August 23, 2016 | 8:18:00 AM

HARIANBERANTAS, MEDAN- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara menetapkan Direktur Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan, Mansyur, sebagai tersangka. Dia diduga ikut bertanggung jawab dalam proyek pembangunan pabrik mini kelapa sawit dan laboratorium di kampus PTKI, Jalan Menteng Raya, Kota Medan, Sumatera Utara, yang bersumber dari tahun anggaran (TA) 2013 sebesar Rp5,6 miliar.


"Nama Mansyur telah dikantongi dan dapat dipastikan dinaikkan statusnya sebagai tersangka baru dalam kasus ini. Dia (Mansyur) sudah ditetapkan sebagai tersangka beberapa waktu lalu," kata Kepala Tim Penyidikan, Netty Silaen, Selasa (23/8/2016). 

Netty menjelaskan penetapan orang nomor satu di PTKI tersebut dikuatkan dengan adanya keterangan tiga tersangka yang telah dijebloskan ke Rutan Tanjung Gusta Medan.

Ketiga tersangka yang telah ditahan itu antara lain Hamdani Sukartara Bintang selaku pejabat pembuat komitmen pada PTKI Medan tahun anggaran 2013; Irjen Zulherman selaku Direktur Gabeshatama Prasetya; dan Makmur Sembiring selaku Direktur CV Juma Purba.

"Waktu itu para tersangka yang sudah kita tahan masih diperlukan keterangannya guna pengungkapan tersangka baru. Dari keterangan mereka, semakin menguatkan terlibatnya Direktur PTKI ini," kata dia.

Namun, proses penahanan Mansyur belum dilakukan. Menurut Netty, Kejati Sumut terlebih dahulu akan melimpahkan tiga tersangka ke Pengadilan Tipikor Medan. Nantinya Mansyur akan dipanggil kembali untuk diperiksa dengan kapasitasnya sebagai tersangka.

"Kita tunggu dulu berkas tiga tersangka ini dilimpahkan ke pengadilan. Setelah itu, akan kita susun jadwal panggilan Mansyur dalam kapasitasnya sebagai tersangka. Pemberkasan tiga tersangka yang telah ditahan beberapa waktu lalu kini telah rampung ditangani tim penyidik Kejaksaan Tinggi," katanya.

Netty Silaen yang ditunjuk sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan nanti menyebut berkas milik tiga tersangka masing-masing Hamdan Suharto Bintang selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada PTKI Medan, Zuherman selaku Direktur Ganeshatama Prasetya (rekanan), dan Makmur Sembiring selaku Direktur CV Juma Purba, telah diterima dari tim penyidik Kejati Sumut.

"Pemberkasan tiga tersangka sudah selesai. Kita telah terima berkasnya dari penyidik. Saat ini kami sedang mempelajari berkas tersebut sebelum kami limpahkan ke pengadilan. Minimal waktu yang dibutuhkan JPU adalah satu pekan sebelum digulirkan ke persidangan," ujar dia. (UWA/SK)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas