Headlines News :
Home » » Presiden Jokowi Tekankan Pembangunan Poros Maritim Diperkuat

Presiden Jokowi Tekankan Pembangunan Poros Maritim Diperkuat

Written By Harian Berantas on Saturday, August 20, 2016 | 11:07:00 PM

HARIANBERANTAS, SIMALUNGUN-  Presiden Joko Widodo berkeinginan membuat Indonesia menjadi poros maritim. Infrastruktur konektivitas maritim pun kembali ditekankan Presiden Jokowi agar menjadi prioritas pembangunan di masa pemerintahannya.


Beberapa contoh infrastrukturnya adalah seperti seaport (pelabuhan laut), deep seaport dan logistik. Kemudian, Presiden Jokowi juga ingin pembangunan industri perkapalan dan pengolahan ikan menjadi nomor satu.

"Saya berharap pengelolaan laut di sepanjang pantai terutama yang berbatasan dengan Selat Malaka, Batam, Medan, Sumut dan lainnya, bisa betul-betul dikembangkan menjadi berkelas dunia," kata Jokowi dalam rapat kabinet terbatas di Hotel Inna Prapat Kabupaten Simalungun, Sabtu (20/8/2016) malam.

Pembangunan infrastruktur maritim banyak bersinggungan dengan pembangunan sektor laut. Presiden mengatakan aktivitasnya mencakup sektor perhubungan laut, industri perikanan, energi, wisata bahari dan mineral yang berkaitan dengan kekayaan laut.

"Jadi saya kira banyak yang bisa kita kembangkan menyangkut pemanfaatan kekayaan laut," ucap Jokowi.

Selain pengembangan infrastruktur, Presiden Jokowi juga meminta agar pembangunan kekuatan maritim terus dilanjutkan. Hal ini dia ungkapkan mengingat banyak ancaman yang bisa saja datang dari sektor kelautan di Indonesia. Beberapa di antaranya seperti masalah illegal fishing dan perusakan ekosistem laut.

Bukan hanya itu, Jokowi melanjutkan, jalur laut kerap digunakan sebagai jalan melakukan penyelundupan narkoba, perdagangan manusia, imigran atau pelintas gelap dan konflik perebutan sumber daya.

"Kita tidak bisa abaikan penerapan diplomasi dalam membangun kekuatan maritim. Kita perlu bangun kemampuan diplomasi maritim dan kekuatan di laut," pungkas Jokowi. (Bowo)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas