Headlines News :
Home » , , » KPK Didesak Usut Tuntas Dugaan Korupsi Walikota Pekanbaru, Dr. H Firdaus ST.MT

KPK Didesak Usut Tuntas Dugaan Korupsi Walikota Pekanbaru, Dr. H Firdaus ST.MT

Written By Harian Berantas on Sunday, August 28, 2016 | 3:11:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM KPK), mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera mengusut tuntas sejumlah kasus korupsi yang diduga melibatkan Walikota Pekanbaru Dr. H Firdaus ST.MT, dkk.

“Kasus korupsi Dr. H Firdaus ST.MT dan kawan-kawan sudah kita laporkan ke KPK sejak bulan Mei 2016 lalu, tapi hingga kini mengapa KPK belum ada tindak lanjutnya,” ujar koordinator aktivis lembaga LSM KPK, Jaya di Pekanbaru, Minggu (28/08/2016).

Jaya mengatakan, pembangunan di Kota Pekanbaru semakin jauh dari harapan masyarakat, banyak infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak tidak diperbaiki seperti di daerah Muara Fajar Kecamatan Rumbai, Tenayan Raya, Tampan dan kecamatan lainnya di kota Pekanbaru, bahkan kehidupan masyarakat terus bertambah sulit.

“KPK adalah tumpuan terakhir, untuk segera menuntaskan kasus korupsi Dr. H Firdaus. Kegeraman masyarakat Kota Pekanbaru sudah memuncak sejak dua tahun terakhir, namun Walikota Pekanbaru, Firdaus masih menanggapi dingin bak Es baku,” tegas dia.

Dia memaparkan sejumlah kasus korupsi Firdaus ST.MT yang pernah dilaporkan pihaknya ke KPK, antara lain adalah kasus dana insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah yang diduga berpotensi merugikan keuangan Negara, dugaan korupsi dana hibah dan bantuan sosial (Bansos) dari tahun 2012 hingga tahun 2014 sebesar Rp36 miliar lebih.

“Kasus ini sudah kita laporkan ke KPK, 25 Mei 2016 lalu. Komisi Pemberantasan Korupsi telah menanggapi pengaduan sesuai balasan surat dari KPK, Nomor: R-3088/ 40-43/07/2016 Tanggal 19 Juli 2016,” papar dia.

Lebih lanjut, kasus penganggaran dan realisasi belanja barang jasa sebesar Rp23.502. 617.500,00, serta kerugian keuangan Negara dalam realisasi dana belanja pada SKPD Dinas Perhubungan, Dinas Tata Ruang dan Dinas Cipta Karya, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Dengan banyaknya laporan masyarakat Pekanbaru, Riau terkait kasus korupsi Firdaus ST.MT itu, dia berharap, KPK bertindak cepat dan segera mengambil langkah-langkah hukum.

“KPK harus tegas dan memberikan jawaban pasti, karena kekecewaan masyarakat Pekanbaru sudah memuncak. KPK adalah garda terdepan untuk mengusut dan menangkap Firdaus ST.MT Cs,” tegas dia.

Sejak kepemimpinan Firdaus ST.MT, tambah dia, keluhan masyarakat Pekanbaru banyak tidak direspon secara baik dan bijak. Bahkan keluhan lainnya datang dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS).

“Banyak juga PNS mengeluhkan sikap kepemimpinan Firdaus ST.MT selama ini, yang sesuka hatinya mengganti dan memindahkan PNS yang tidak tunduk pada perintahnya,” pungkas Jaya. (Naso)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas