Headlines News :
Home » , » Kontraktor CV. Almughni Jaya Diduga Hanya Cari Untung, Aparat Hukum Diminta Usut Proyek Jalan Mentalus Desa Jangkang Bantan

Kontraktor CV. Almughni Jaya Diduga Hanya Cari Untung, Aparat Hukum Diminta Usut Proyek Jalan Mentalus Desa Jangkang Bantan

Written By Admin Berantas on Monday, June 20, 2016 | 10:12:00 PM

HARIANBERANTAS, BENGKALIS- Dengan adanya proyek peningkatan jalan Mentalus Desa Jangkang (Penimbunan Base) di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, Riau yang dikerjakan oleh CV. ALIMUGHNI JAYA membuat masyarakat sekitar menjadi senang akan tetapi hal ini juga menjadi pertanyaan oleh mereka pasalnya pekerjaan yang dilakukan masih belum seumur jagung kok sudah banyak kerusakan di mana mana.

 Beginilah kondisi proyek yang dikerjakan asal jadi oleh kontraktor CV. Alimughni Jaya dan dikonsultani CV. Mega Ascarindo Konsultan.

Diduga kuat cara mengerjakan proyek tersebut dengan cara asal jadi, seperti bukti dokumentasi yang diperoleh awak media dan aktivis LSM KPK diatas, proyek yang sudah ditimbun menggunakan Base tapi sudah banyak yang ambles dan seperti kembali ke lapen awal. 

Nilai proyek dari dana APBD Tahun Anggaran 2015 dibuat mencari untung besar dan mementingkan perutnya sendiri dan kepengawasan dari dinas dan konsultan pengawas  sepertinya masih lemah dan kurang efektif dalam menjalankan kepengawasan. 


Proyek yang dikerjakan oleh CV. ALIMUGHNI JAYA dan dikonsultani oleh CV. MEGA ASCARINDO KONSULTAN dengan waktu pelaksanaan 120 hari kalender (HK), sumber dana APBD KABUPATEN Bengkalis tahun anggaran 2015 lalu senilai Rp1. 851.909, 000,- panjang jalan yang dikerjakan 800 X 5,5 Meter. Kurangnya kepengawasan dari Dinas PU Bina Marga Kabupaten Bengkalis dan konsultan pengawas membuat rekanan yang mengerjakan proyek tersebut menjadi sembarangan dan asal jadi.

Selain itu kontraktor tersebut diduga mengeruk  keuntungan yang besar dalam mengerjakan proyek jalan setidaknya itu menurut beberapa warga yang juga di temui awak media.

Saat harianberantas.co.id bersama tim LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM KPK) cabang Bengkalis bersama-sama melakukan investigasi dilapangan, Senin (20/6), banyak melihat kejanggalan dilokasi proyek tersebut, seperti timbunan Base B diduga kurang dari 10 cm dan kayu gambangan tidak dipasang dan banyak jalan yang sudah ditimbun dengan Base, sudah banyak yang rusak dan menurun akibat kurangnya pemadatan. Sepanjang jalan banyak di temukan jalan yang rusak dan mengelupas sehingga geotextile muncul kepermukaan ruas/badan jalan.

Ketua DPD LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM KPK) Kabupaten Bengkalis, Deady Royfika melalui ketua tim Investigasi Lapangan, Syafrizal, kepada harianberantas.co.id, Senin (20/06/16) mengatakan, bahwa proyek yang dikerjakan oleh kontraktor CV. Alimughni Jaya yang dikonsultai oleh CV. Mega Ascarindo Konsultan dinilai cara mengerjakannya dengan sembarangan dan hal ini bisa merugikan negara dan masyarakat umumnya karena uang untuk membangun itu juga berasal dari pajak yang di bayar oleh masyarakat, ujarnya. 

Dikatakan Syafrizal, lembaga hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan dan BPK/BPKP harus memeriksa hal ini dan kalau benar di temukan penyimpangan maka rekanan harus mengembalikan nilai kerugian Negara. Selain itu mereka juga wajib bertanggung jawab kepada masyarakat karena hasil perbuatan mereka, saya sudah buat berkas dan datanya tinggal tunggu p1 langsung kita kirim semua dokumen ke Dewan Pimpinan Pusat LSM KPK di Pekanbaru, Riau, untuk diteruskan ke Polda Riau, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau dan tembusan ke BPK/BPKP RI perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru.

Sekretaris Dinas PU Bengkalis, Tarmizi, SP,M.Si yang ditemui media ini dikantornya, Senin (20/06/16), kabur ketika hendak ditanya media. “Saya lagi nunggu surat yang ditanda tangani ini”, ucapnya dengan berpura-pura memainkan hendphon miliknya dan keburu kabur masuki ruangan stafnya. Namun demikian, kinerja sektretaris dinas PU Bengkalis yang satu ini akan jadi bahan boikot media ini seterusnya yang telah mengetahui kebobrokan sang Sekretaris tersebut selama ini diduga banyak yang tak becus dan menyimpang. (Nanang)
Share this post :

+ comments + 1 comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas