Headlines News :
Home » » Sekwan DPRD Kota Pekanbaru Diduga Korupsi

Sekwan DPRD Kota Pekanbaru Diduga Korupsi

Written By Harian Berantas on Friday, April 22, 2016 | 11:31:00 PM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Sekwan DPRD Kota Pekanbaru, Riau, Drs. Ahmad Yani bersama pimpinan dan anggota DPRD lainnya, ternyata telah dilaporkan ke pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau oleh Dewan Pimpinan Pusat LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM KPK) terkait dengan dugaan kasus korupsi diwilayah kerja Sekwan DPRD Kota Pekanbaru pada belanja barang dan jasa dengan nilai mencapai Rp2. 015.261.600 lebih untuk Tahun anggaran 2013 s/d 2015 yang lalu.

 Tanda Terima Laporan                    Drs. Ahmad Yani (Terlapor)

Dalam surat laporan LSM KPK tertanggal 14 April 2016 pekan lalu yang ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Susdiyarto Agus Praptono, SH.MH dengan beberapa tembusan dijelaskan, lembaga LSM KPK telah melakukan sosial control berupa pengawasan dan Investigasi pada pos Sekwan DPRD Pekanbaru.

Dari hasil investigasi yang dilakukan LSM tersebut, diperoleh bukti-bukti kuat sebagai dokumen atas telah terjadinya dugaan korupsi pada belanja barang dan jasa yang diduga dilakukan oleh Sekwan DPRD Pekanbaru, bersama pimpinan DPRD maupun anggota DPRD lainnya.

Dijelaskan, ada beberapa indikasi korupsi yang dilakukan oleh pejabat tersebut yakni, kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pada tahun anggaran 2013, kegiatan pengadaan Aclerik DPRD Pekanbaru untuk tahun anggaran 2014 yang SPJ nya fiktif. Kemudian, kegiatan belanja modal televisi, yang terindikasi tidak disertai lampiran pembuktian sehingga SPJ nya diduga fiktif.

Ketiga pengadaan barang untuk Komputer/PC yang diduga sebagian SPJ-nya fiktif, dan kegiatan pengadaan komputer note book yang sebagian besar SPJ nya diduga fiktif. Karena kegiatannya tidak sepenuhnya direalisasi.

Sekwan DPRD Pekanbaru, Drs. Ahmad Yani lewat via hendphonya saat dikonfirmasi situs harianberantas.co.id ini mengatakan, “Kasus itu sudah dilaporkan dan ditangani oleh Kejati Riau. saya tak perlu dikonfirmasi lagi tentang itu, karena itu semuanya sudah ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau. ujarnya.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Susdiyarto Agus Praptono, SH.MH lewat via selulernya kepada harianberantas.co.id, Kamis (21/04) membenarkan, telah menerima laporan LSM KPK tersebut. Namun pihaknya akan mempelajarinya terlebih dahulu. "Kita akan segera mempelajari laporan itu untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (Eta/Sup)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas