Headlines News :
Home » , , » Proyek Jalan Kecamatan Airupas Menyimpang

Proyek Jalan Kecamatan Airupas Menyimpang

Written By Harian Berantas on Friday, March 4, 2016 | 9:48:00 PM

HARIANBERANTAS, KETAPANG--- Proyek peningkatan jalan Ibukota Kecamatan Airupas, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan oleh CV Dwa Mitra Abadi dengan nomor kontrak 602/201/PPK-1/DPU-B/XI/2015 diduga bermasalah. Pasalnya, sehari sebelum kontrak berakhir, progres fisik diperkirakan belum mencapai 80%, kuat dugaan ada manipulasi dalam laporan kemajuan fisik. 


Hal tersebut disampaikan WH kepada Wartawan, belum lama ini. Menurutnya, paket proyek peningkatan jalan ibukota Kecamatan Airupas tahun anggaran 2015 terindikasi mark-up. “Ada selisih harga dari nilai kontrak yang merupakan indikasi kerugian negara sebesar Rp 62.535.000 atau sektar 18,7% dari nilai kontrak,” pungkas WH saat bertandang ke kantor Jaya Pos Biro Ketapang. 

Menurut WH, saat dirinya ke lokasi pekerjaan, tepatnya pada 19 Desember 2015 lalu atau satu hari sebelum kontrak berakhir, ditemukan pekerjaan mayoritas belum selesai. 

Selain itu, menurut WH, peralatan yang digunakan diduga tidak sesuai standar pedoman kontrak. Salah satunya peralatan Vibro Roller dan Dump Truck. “Ada kerancuan, mobilisasi dan demobilisasi diduga harganya dimark-up,” tambah WH. 

Atas permasalahan tersebut, awak media telah melakukan konfirmasi kepada pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ketapang.

“Ada oknum warga yang tidak senang dengan kontraktor dan sengaja menumpahkan minyak di lokasi proyek, makanya proyek itu terkendala, jadi diberikan perpanjangan waktu selama tiga hari,” pungkas Pirnandi selaku PPK proyek, di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Menutut PPK bahwa pekerjaan tersebut telah dilaksanakan sesuai spesifikasi teknis, dan dananya telah dicairkan 100%. Namun WH sangat meyakini bahwa secara mutu, kualitas dan kuantitas proyek tersebut bermasalah. *Agustinus*
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas