Headlines News :
Home » , » Musrenbang Kecamatan Hiliserangkai Nias Terlaksana Dengan Baik

Musrenbang Kecamatan Hiliserangkai Nias Terlaksana Dengan Baik

Written By Harian Berantas on Monday, March 14, 2016 | 10:11:00 PM

HARIANBERANTAS NIAS-- Salah satu kecamatan di Kabupaten Nias yakni, Kecamatan Hiliserangkai, sukses melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrebang) untuk tahun anggaran 2017 di balai serbaguna Kecamatan Hiliserangkai Kabupaten Nias.


Pada acara Musrebang yang terlaksana bulan Pebruari 2016 lalu itu dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Nias, Yaredi Laoli S.Pd dan Anggota Dafati Mendroda, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Nias Maimun Zebua BA, dan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Nias, Muspika Kecamatan Hiliserangkai, UPT dan Kepala Sekolah, Kepala Desa, Sekdes dan delegasi Desa Pendamping Desa dan tokoh-tokoh masyarakat se-kecamatan Hiliserangkai.

Dalam laporan Sekcam sekaligus Panitia, Arlin Mendrofa,SE menyampaikan bahwa penyelenggaraan Musrebang guna terlaksananya proses perencanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Hiliserangkai untuk membahas prioritas pembangunan melalui musyawarah bersama.

Pada Musrebang tersebut Camat Hiliserangkai Kabupaten Nias Drs. Gelifati Waruwu mengatakan bahwa  di Kecamatan Hiliserangkai ada dua desa yang sangat terisolir yaitu desa Onombongi dan Desa Orahili Idanoi, di mana kedua desa ini tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Camat Hiliserangkai Drs. Gelifati Waruwu sangat mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nias supaya kedua desa ini dapat perhatian serius dari pemerintah Kabupaten Nias.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Yaredi Laoli dalam sambutannya mengatakan pada Musrebang merupakan wadah untuk menyampaikan aspirasi dan kami bisa mendengar secara langsung dengan harapan jangan usulan asal-asalan dan hanya karena  kepentingan pribadi tetapi lebih mengutamakan prioritas pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Nias.

Salah satu program yang telah kami rintis adalah pembangunan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Hiliduho, Botomuzoi, Hiliserangkai, Mau, Somolo-molo hingga Bawolato Desa Siofabanua kampung Faigiasa Bawamenewi, jalan ini dari utara ke selatan Kabupaten Nias bagian barat daerah pegunungan. Program ini kebalikan dari program Soziona pesisir pantai timur Kabupaten Nias.

Selain itu, dia memaparkan bahwa di program Soziawa tersebut terdapat satu gunung yang sangat tinggi di Kabupaten Nias yaitu “Gunung Gui-Gui” di Desa Orahili Kec. Hiliserangkai. Ketika kita berada di puncak gunugnya, maka kita dapat melihat daerah barat dan timur kepulauan Nias. Gunung ini bisa menjadi objek wisata yang sangat indah dan tentu hal ini akan menambah pertumbuhan perekenomian kita di Kabupaten Nias.

Lanjut Ketua DPRD Kabupaten Nias Yaredi Laoli menjelaskan, bahwa yang menghubungkan antara kecamatan Hiliserangkai dengan Kecamatan Gido atau Kota  Kabupaten Nias adalah lebih baik dari Desa Lalai I/II menuju Onombongi sampai Gido.

Disekitar jalan tersebut, ada sungai Idanoi yang terdapat bahan material golongan C tentu hal ini akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat kita untuk membuka lowongan pekerjaan terangnya. (YW)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas