Headlines News :
Home » » Menguji Nyali Kajari Bengkalis Ungkap Kasus Korupsi di Dinas PU Bengkalis

Menguji Nyali Kajari Bengkalis Ungkap Kasus Korupsi di Dinas PU Bengkalis

Written By Harian Berantas on Monday, March 28, 2016 | 7:56:00 AM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Aktivis lembaga anti korupsi LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM KPK), terungkap telah mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bengkalis, Rabu, 16 Maret 2016 lalu. Mereka meminta Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis, Rahman Dwi Saputra, SH.MH berani mengungkap kasus korupsi besar, selain kasus bekas mantan Bupati Bengkalis, Ir H. Herliyan Saleh yang telah ditangani Kajari Bengkalis, Kejaksaan Agung dan Mabes Polri.


"Selain koordinasi, kami juga serahkan beberapa bukti kasus korupsi pejabat di Pemda Bengkalis, berani tidak jaksa mengungkap dan menangkap pejabat yang terlibat?" kata Sekum LSM KPK, Naso, usai menemui salah satu dari Petinggi Kejati Riau, Senin (28/03/ 2016).

Perkara pertama yang dilaporkan adalah temuan Badan Pemeriksa Keuangan mengenai kebocoran dana sebesar lebih dari Rp 40 miliar dalam APBD Bengkalis tahun 2013 dan 2014. Menurut Naso, pihaknya sengaja melaporkan temuan BPK itu untuk melihat sejauh mana konsistensi Kejari Bengkalis memberantas tindak pidana korupsi di Kabupaten Bengkalis. "Bisa dikatakan, kasus ini pilot project untuk Kejaksaan.


"Naso dari penggiat anti korupsi LSM KPK ini menambahkan, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Kejaksaan Negeri Bengkalis tidak pernah mengusut kasus besar yang baru lagi yang melibatkan pejabat. "Kasus yang ditangani hanya kasus lama yang sebelumnya juga perkara korupsi sebagian naik ditingkat pengadilan Tipikor PN Pekanbaru."

Sekum LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM-KPK) mengungkapkan, selain kasus menguapnya dana APBD, ada kasus korupsi lain yang melibatkan tiga belas pejabat tinggi Pemerintah Kabupaten Bengkalis. "Kalau jaksa mau, semua bukti akan kami berikan, yang penting harus diusut.

Terpisah sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis, Rahman Dwi Saputra, SH.MH saat berbincang-bincang kepada tim harianberantas.co.id didampingi Kasi Intel, Rully Afandy diruangan kerjanya berjanji mengatakan, pihaknya akan konsisten untuk memberantas korupsi bersama rakyat selagi itu bukti-bukti laporan/pengaduan yang disampaikan lengkap dan jelas.

“Kami akan konsisten untuk memberantas korupsi bersama rekan-rekan dari LSM dan masyarakat yang turut prihatin soal kasus korupsi yang terjadi. selagi itu laporan yang disampaikan oleh rekan-rekan dari LSM atau dari masyarakat lainnya lengkap, kami di  Kejari Bengkalis siap menangani secara transparan."

Rahman Dwi Saputra, SH.MH menegaskan Kejaksaan tetap berkomitmen memberantas tindak pidana korupsi. Namun dia meminta setiap pelapor harus menyertakan bukti akurat atas kasus yang dilaporkan. "Harus ada sinergi. Kami siap menyelidiki sampai tuntas asal buktinya jelas" tutup Rahman. (Ismail Sarlata)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas