Headlines News :
Home » , » Kinerja Kejari Pekanbaru Soal Dugaan Korupsi Walikota, Firdaus Cs Disorot

Kinerja Kejari Pekanbaru Soal Dugaan Korupsi Walikota, Firdaus Cs Disorot

Written By Harian Berantas on Monday, March 28, 2016 | 8:11:00 AM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU- Sekretaris Umum (Sekum) lembaga LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM-KPK), Naso, menyoroti kinerja Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Darman Natal Simanjuntak SH yang dianggap tidak mampu menyelesaikan sejumlah kasus dugaan korupsi yang hingga saat ini belum jelas pengembangannya.

Tanda Terima Klarifikasi Sejumlah Laporan Dugaan Korupsi Wako Pekanbaru dari Kejari Pekanbaru

Karena itu, Sekum Dewan Pimpinan Pusat LSM Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM-KPK), Naso,  mendesak pihak kejaksaan segera menuntaskan sejumlah kasus-kasus korupsi di Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru Provinsi Riau yang dianggap penanganannya mandek selama ini. 

Tanda Terima Tembusan Klarifikasi Sejumlah Laporan Dugaan Korupsi Yang Mandek di Kejari Pekanbaru dari Kejati Riau

“Dengan menumpuknya kasus-kasus dugaan korupsi di kejaksaan, semakin menambah bahkan menimbulkan anggapan miring akan boroknya kinerja penegak hukum kita. Makanya, untuk menghindari anggapan miring ini, kejaksaan harus lebih serius menuntaskan seluruh kasus yang mandek dibanding mementingkan urusan pribadi,” tegas Naso saat di temui bertempat di kantin Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau jalan Sudirman Pekanbaru usai koordinasi dengan salah satu petinggi di Kejaksaan Tinggi Riau, Senin (28/3/2016).

LSM KPK menilai Kajari Pekanbaru jangan hanya tidur kerjanya, tuntaskan segera itu kasus-korupsi yang selama ini membusuk dikantor kejaksaan Negeri Pekanbaru, seperti kasus korupsi anggaran retribusi pelayanan pelabuhan tahun 2013 dengan potensi kerugian negara Rp2. 982.590.000,00, kasus korupsi belanja subsidi pada PD Pembangunan Rp9 miliar, kasus korupsi bansos tahun 2013, kasus penempatan deposito dana APBD tahun 2013 dan 2014, kasus sisa dana UYHD, kasus retribusi pelayanan persampahan/kebersihan, kasus mark up pembelian jumlah batang sawit dan pembelian tanah untuk lokasi komplek perkantoran Pemko di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru yang dipetieskan, dll.

Penggiat anti korupsi LSM KPK menilai Kajari Pekanbaru adalah kejari termandul di Riau.” Jika kajari Pekanbaru tidak mampu menuntaskan kasus-kasus korupsi di Pekanbaru silahkan angkat kaki tinggalkan Riau ini, jangan tunggu diusir,” tutur Naso.

LSM KPK menduga kuat kajari Pekabaru sudah “diamankan” calon-calon tersangka kasus korupsi sehingga menjelma menjadi penegak hukum banci.

“Dua puluh dua kasus ini banyak disoroti para penggiat korupsi di Pekanbaru lantaran hingga hari ini penanganannya tidak jelas di kejaksaan. Padahal kasus ini telah merugikan negara. Ini perlu dipertanyakan, jangan sampai kejaksaan memberhentikan kasus ini tanpa ada kejelasan yang mendasar,” jelasnya,” tegas.

Bukan itu saja, lembaga LSM anti korupsi ini berjanji, akan berkomitmen meneruskan sejumlah kasus dugaan korupsi yang dinilai selama ini mandek di Kejaksaan yang ada di Riau ke Kejaksaan Agung dan Presiden RI. Bahkan pihaknya berkomitmen akan melaporkan kinerja Kejari Pekanbaru ke Jaksa Agung karena pihaknya menilai kinerja Kejari Pekanbaru selama ini banyak yang buruk. Sehingga supermasi hukum di Pekanbaru dinilai tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Kami saat ini masih menunggu jawaban hasil klarifikasi kami yang diterima oleh Kejari Pekanbaru seminggu yang lalu. apabila jawaban tertulis resmi yang kami sampaikan itu tidak dijawab oleh Kejaksaan Negeri Pekanbaru batas 20 hari kedepan, maka langkah yang kami tempuh adalah meneruskannya ke Jaksa Agung, KPK RI dan Presiden. tegas Naso.

Walikota Pekanbaru, H. Firdaus S.T., M.T belum dapat dikonfirmasi. Karena nomor hendphon yang biasa digunakan saat dihubungi harianberantas.co.id, sudah tak aktif lagi. Demikian konfirmasi tertulis resmi yang diterima Sari ajudannya Walikota beberapa bulan lalu, sampai berita ini terbit, konfirmasi tertulis media ini tak digubris seakan walikota Pekanbaru memilih bungkam. (Supandi)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas