Headlines News :
Home » » Perusahan PT Semen Tonasa Dikecaman

Perusahan PT Semen Tonasa Dikecaman

Written By Harian Berantas on Saturday, January 9, 2016 | 1:22:00 AM

HARIANBERANTAS, MAKASAR--- Keberadaan PT Semen Tonasa yang tergabung dalam Group Semen Indonesia, merupakan salah satu perusahan yang dimiliki oleh pemerintah, serta berada dalam tanggung jawab Kementerian BUMN, menjadi salah satu perusahan milik pemerintah yang terus berkembang pesat keberadaannya, sehingga perusahan ini merupakan salah satu perusahan milik pemerintah yang mampu memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi di negara ini, sehingga dari tahun ke tahun keuntungan yang diraih oleh perusahaan yang berada di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan ini, terus berkembang pesat, dan keberadaanya dapat diperhitungkan oleh pemerintah sebagai perusahan nasional yang dapat terus dipertahankan. 


Namun dibalik bertumbuh-pesatnya keberadaan Semen Tonasa, sepertinya menyimpan permasalahan yang cukup berpengaruh bagi segala aktivitas penunjang dalam melakukan kegiatannya setiap hari. Tentunya, perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah, terutama Kementerian BUMN.

Permasalahan yang mulai mendapat kecaman dan sorotan tajam dalam lingkup PT Semen Tonasa adalah menyangkut keberadaan empat perusahaan yang melakukan aktivitas sehari-hari, yang mana keempat perusahaan ini tidak jelas keberadaannya, apakah sebagai anak perusahaan, ataukah perusahaan swasta yang dikontrak oleh BUMN dalam melaksanakan kegiatan penunjang yang telah berlangsung bertahun tahun.

Keempat perusahaan yang berada dalam perusahaan PT Semen Tonasa ini adalah PT Tonasa Line yang sehari-harinya melaksanakan kegiatan mengangkut semen curah ke seluruh packing plane milik PT Semen Tonasa di wilayah pemasarannya, PT Biringkasi Raya yang melaksanakan kegiatan menangani buruh bongkar-muat di Pelabuhan Biringkasi, serta pengantongan semen di pabrik dan beberapa packing plane, PT Prima Karya Manunggal yang melaksanakan kegiatan angkutan semen curah dari pabrik packing plane ke Pelabuhan Biringkasi serta Pelabuhan Makassar dan PT Tumpabiring selaku perusahaan yang melaksanakan kegiatan pengangkutan semen curah, pengangkutan bahan baku semen dari quari ke pabrik Semen Tonasa.

Keberadaan empat perusahaan dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas keseharian PT Semen Tonasa ini, sudah berlangsung bertahun tahun. “Anehnya, jajaran direksi yang duduk dalam jabatan strategis pada keempat perusahan tersebut adalah para karyawan dari PT Semen Tonasa sendiri,” ucap sumber.

“Setahu kami, perusahaan tersebut adalah perusahaan swasta yang didirikan oleh orang perorang, bukan merupakan anak perusahaan dari PT Semen Tonasa, ini sangat mengherankan,” kata sumber yang enggan namanya dikorankan.

Untuk itu mereka meminta pihak Kementerian BUMN untuk melakukan evaluasi dan pemeriksaan internal, terkait keberadaan empat perusahaan itu, termasuk karyawan karyawan yang aktif di PT. Semen Tonasa yang menjadi direksi dalam setiap perusahaan yang melakukan aktivitas di lingkungan PT Semen Tonasa.

Sementara Direktur PT Semen Tonasa Ir H Andi Unggul Attas, saat dikonfirmasi secara tertulis terkait keberadaan empat perusahaan ini, enggan memberikan berkomentar. ***HB***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas