Headlines News :
Home » , » KPK Didesak Usut Keterlibatan Surya Paloh Terkait Korupsi Bansos Sumut

KPK Didesak Usut Keterlibatan Surya Paloh Terkait Korupsi Bansos Sumut

Written By Harian Berantas on Tuesday, January 19, 2016 | 1:26:00 AM

HARIANBERANTAS, JAKARTA--- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk tidak tebang pilih dalam mengusut kasus dugaan korupsi terkait upaya penghentian perkara Dana Bansos Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
 

Termasuk dalam mengusut dugaan keterlibatan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dalam perkara tersebut yang telah menjerat Gubernur Sumatera Utara nonaktif, Gatot Pujo Nugroho. Paloh diduga merupakan pihak yang turut terkait dalam perkara tersebut.

Hal tersebut merupakan salah satu desakan yang dituntut oleh sejumlah demonstran dari Koordinator Himpunan Pemuda Peduli-KPK (Hidup-KPK) saat melakukan aksinya di depan Gedung KPK, Jakarta, Senin, 18 Januari 2016.

"Surya Paloh diduga otak dari inisiasi pertemuan di DPP Nasdem dengan Gatot Pujo dengan tujuan memerintahkan Jaksa Agung HM Prasetyo menghentikan kasus Bansos," kata Koordinator Aksi, Andhika Febriandhanu.

Adanya keterlibatan Paloh menguat setelah dia dua kali mangkir dalam persidangan di Pengadilan Tipikor dengan terdakwa Patrice Rio Capella. Mantan Sekjen Partai Nasdem itu dijerat oleh KPK lantaran diduga menerima suap terkait penghentian penyelidikan di Kejaksaan.

"Mangkirnya Surya Paloh untuk bersaksi dipersidangan Rio Capella menuai kecurigaan. Dugaan bahwa Surya Paloh terlibat dalam upaya penghentian kasus Bansos jelas adanya," kata Andhika.

Kejaksaan Agung di bawah kepemimpinan HM Prasetyo, dinilai tidak mampu menyelesaikan kasus tersebut. Sebab, terjadi konflik kepentingan.

Oleh karena itu, mereka mendesak agar KPK mengambil alih kasus yang melibatkan elite Nasdem itu dari tangan Kejaksaan Agung. KPK diminta agar tidak tebang pilih dalam mengusut kasus tersebut. Termasuk dugaan keterlibatan Surya Paloh. **ase/soz**
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas