Headlines News :
Home » , , , » DPRD besama Pemerintah Kota Pekanbaru, Sahkan Ranperda LAM Pekanbaru

DPRD besama Pemerintah Kota Pekanbaru, Sahkan Ranperda LAM Pekanbaru

Written By Harian Berantas on Tuesday, January 26, 2016 | 9:20:00 AM

HARIANBERANTAS, PEKANBARU--- Senin (11/01/2016) mengesahkan ranperdaLembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru. Pengesahan Ranperda ini dilaksanakan melalui rapat paripurna ke-1 Masa sidang satu tahun DPRD Kota Pekanbaru di Balai Payung Sekaki kantor DPRD Kota Pekanbaru.


Juru bicara Pansus DPRD Pekanbaru, Roem Diani Dewi, dalam laporan yang dibacakannya mengatakan, bahwa dalam pembahasan Ranperda LAM yang telah disampaikan oleh Walikota Pekanbaru pada 25 September 2015 lalu, maka disepakati pembahasan sudah selesai dan sudah bisa disahkan melalui paripurna.

Pansus juga memberi beberapa catatan untuk disempurnakan oleh Pemko Pekanbaru dan LAM Pekanbaru, diantaranya mengenai masih kurangnya kajian tentang otensitas yang dimiliki LAM Pekanbaru, LAM Pekanbaru harus mencirikan adat istiadat yang ada dan perlu ada penegasan AD/ART LAM Pekanbaru, apakah sama dengan LAM Riau.

"Perda ini penting untuk melestarikan budaya melayu yang ada di Kota Pekanbaru. Dimana perlu ada payung hukum untuk memaksimalkan kinerja Lembaga Adat Melayu Riau kota Pekanbaru kedepannya. Kemudian untuk eksistensi LAMR Pekanbaru maka perlu dirumuskan alternatif pembiayaan dengan anggaran daerah, sehingga bisa eksis menjalankan perannya," kata Roem.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sahril SH didampingi Wakil Ketua DPRD Sigit Yuwono dan Sondia Warman serta dihadiri oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi bersama para kepala dinas lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Setelah juru bicara pansus membacakan laporan hasil kinerjanya diikuti dengan Persetujuan bersama yang disampaikan Ketua DPRD maka perda tersebut resmi disahkan.

Dikatakan Syahril, dengan adanya Perda LAM Pekanbaru ini maka diharapkan kedepan kebudayaan melayu Provinsi Riau di Kota Pekanbaru akan terus maju guna membantu pembangunan karakter masyarakat. Terkait adanya catatan dari pansus terhadap perda yang disahkan, Sahril akan membicarakan di pansus untuk dilengkapi. *Adv/Sup*

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas