Headlines News :
Home » , , » 384 Unit RLH di Rohil Selesai Dibangun

384 Unit RLH di Rohil Selesai Dibangun

Written By Harian Berantas on Saturday, January 9, 2016 | 7:39:00 PM

HARIANBERANTAS, ROHIL--- Sebanyak 384 unit Rumah Layak Huni (RLH) di Kabupaten Rokan Hilir 100 persen selesai dibangun pada tahun anggaran 2015 dan sudah diserahterimakan oleh Bupati Rohil melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) kepada masyarakat yang berhak menerimanya.
 
Doc. Salah Satu Rumah Layak Huni (RLH) di Kab. Rohil 
yang dibangun Tahun 2015 lalu.

Kepala Bapemas Rohil Hj Murniwati mengatakan, sebanyak 384 RLH itu berada disetiap kelurahan/kepenghuluan dan masing-masing mendapatkan sebanyak dua unit.

"Saat ini pengerjaannya sudah 100 persen selesai dan totalnya 384 unit tersebar di 18 kecamatan," kata Murniwati kepada wartawan, Jum'at.

RLH yang dibangun ini, terangnya masih sama dengan tahun sebelumnya yakni type 36, hanya saja tampilannya yang dibedakan.

Sementara untuk biaya yang dianggarkan tiap kelurahan/kepenghuluan itu berbeda, tergantung lokasi dan daerahnya.

"Biayanya bervariasi, mulai dari Rp72 juta hingga Rp85 juta. Kalau untuk Rp72 juta itu biasanya lokasinya mudah dijangkau. Sementara untuk daerah pesisir seperti Kecamatan Sinaboi dan Pasir Limau Kapas dianggarkan Rp85 juta, karena selain lokasinya jauh akses transportasinya pun sangat sulit," jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang telah menerima RLH untuk tidak memperjualbelikannya."Memang tidak ada sanksi tertulis, namun tetap saja tidak boleh dijual setelah mendapatkan bantuan tersebut, karena bantuan ini berasal dari pemerintah untuk masyarakat yang susah," tuturnya.

Ia juga mengakui bahwa ada pekerjaan tahun 2015 yang tidak bisa dilaksanakan dan baru bisa dikerjakan tahun 2016 seperti pembangunan Resetlemen di Kecamatan Rimba Melintang yang peruntukannya bagi masyarakat korban abrasi sungai rokan. "Jumlahnya sekitar 36 unit dan tahun ini dikerjakan," katanya.

Keterlambatan pengerjaan Resetlemen itu, kata dia dikarenakan dianggarkan pada APBD Perubahan 2015 lalu. "Karena waktunya singkat, makanya pembangunannya baru bisa dilaksanakan tahun ini dengan cara dimunculkan kembali," sebut Murni.

Sementara diluar Kecamatan Rimba Melintang seperti di Kepenghuluan Pedamaran, Kecamatan Pekaitan sudah selesai dibangun dan direncanakan akan diserahkan langsung oleh Bupati Rohil kepada masyarakat dalam waktu dekat ini.***Jumaris***
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas