Headlines News :
Home » , » Ritual Mandi Safar, Puluh Ribu Masyarakat Padati Pantai Pasir Putih Pulau Rupat

Ritual Mandi Safar, Puluh Ribu Masyarakat Padati Pantai Pasir Putih Pulau Rupat

Written By Harian Berantas on Sunday, December 6, 2015 | 9:12:00 PM

HARIANBERANTAS,BENGKALIS – Penjabat Bupati Bengkalis, H Ahmad Syah Harrofie memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada puluhan ribu masyarakat yang hadir dan turut mensukseskan pelaksanaan ritual mandi safar di Pantai Tanjung Lapin Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Sabtu (5/12/2015). 

Plt Gubri, Pj Bupati Kabupaten Bengkalis dan rombongan tiba di pantai Tanjung Lapin

“Terimakasih kepada semua pihak, khususnya kepada masyarakat Kecamatan Rupat Utara, karena kegiatan mandi safar yang kita laksanakan berjalan lancar. Meski cuacanya cukup panas, namun antusias masyarakat sangat kita apresiasi,” ujar Ahmad Syah Harrofie usai mengikuti perhelatan mandi tolak bala tersebut.

Kegiatan ritual budaya mandi safar yang tahun ini dipaduselaraskan dengan peringatan bhakti hari nusantara, merupakan salah satu upaya Pemkab Bengkalis untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Pulau Rupat ini. Selain menggelar berbagai iven, Pemkab Bengkalis juga terus meningkatkan ketersediaan infrastruktur dasar untuk mendorong percepatan pulau rupat sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. 

Sejak beberapa belakangan ini, Pemkab Bengkalis telah, sedang dan akan melakukan pembangunan infrastruktur dasar dimaskud. Namun demikian, disadari apa yang dilakukan masih butuh dukungan dari berbagai stakeholder, khususnya dari Pemerintah Provinsi Riau. “Karena itu, pada APBD Provinsi Riau tahun 2016, kami mengusulkan berbagai kegiatan guna mendukung percepatan pembangunan Pulau Rupat sebagai kawasan strategis pariwisata nasional di Provinsi Riau,” tandasnya. 

Apalagi Pulau Rupat ini merupakan laman terdepan Bumi Lancang Kuning memiliki potensi wisata dengan pesona dan keindahan yang dapat menggantikan destinasi wisata di Provinsi Riau, pasca terbentuknya Provinsi Kepulauan Riau. Oleh karena itu, potensi yang ada ini harus terus digali dan dikembangkan, sehingga menjadi handalan bagi Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau.  

Pj Bupati Bengkalis juga berharap, kepada seluruh masyarakat, kiranya dapat terus memelihara adat budaya dan senantiasa menjaga kearipan lokal yang ada sebagai warisan leluhur. “Kita sebagai penyelenggara pemerintah daerah, sudah berkoordinasi dengan Provinsi, untuk terus mengembangkan budaya yang kita miliki. Terlebih Kabupaten Bengkalis kita yakini sangat banyak sekali budaya khas yang hari ini masih berkembang dengan baik,” katanya.

Pantauan dilapangan, Pantai indah Tanjung Lapin Desa Tanjung Punak Kecamatan Rupat Utara seakan berubah menjadi 'lautan manusia' saat digelar Ritual Mandi Safar. Puluhan ribu warga, baik dari Rupat maupun dari luar Rupat hadir untuk menyaksikan pesta budaya sekaligus menikmati panorama keindahan Pantai dengan pasir putihnya sambil menghadap ke Selat Merak.

Saking ramainya manusia yang hanya ingin menyaksikan event budaya masyarakat Rupat ini,  jalan menuju Pantai Tanjung Lapin pun tak terhindarkan  oleh kemacetan total. Masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, harus rela berjalan kaki cukup jauh untuk sampai ke lokasi karena kendaraan tidak bisa masuk menuju lokasi pantai.

Walau demikian, masyarakat tampak sangat antusias kendati cuaca siang itu cukup terik. Mereka datang bersama keluarga dengan membawa berbagai perlengkapan seperti bekal dan tikar yang dibentang di sepanjang hamparan pasir putih pantai Tanjung Lapin. (Meri)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas