Headlines News :
Home » » Jaksa Usut Dugaan Korupsi Pasuruan Migas Tanpa Audit BPKP

Jaksa Usut Dugaan Korupsi Pasuruan Migas Tanpa Audit BPKP

Written By Harian Berantas on Monday, November 2, 2015 | 6:14:00 AM

HARIANBERANTAS, SURABAYA - Belum kelarnya penghitungan kerugian negara dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap kasus dugaan korupsi di PT Pasuruan Migas (PAMI) membuat Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim menyiapkan langkah alternatif. 


Diantara langkah alternatif yang telah disiapkan adalah melajutkan kasus ini tanpa menunggu hasil penghitungan dari BPKP.

Kepala Seksi Penyidikan (Kasidik) Pidana Khusus (Pidus) Kejati Jatim, Dandeni Herdiana penghitungan kerugian negara memang harus ada untuk kasus korupsi.

Tapi penghitungan ini tidak harus menggunakan jasa BPKP. Selain bisa menggunakan jasa tim auditor swasta, Kejati juga bisa menghitung sendiri kerugian negara terhadap kasus korupsi.

“Kasus PT PAMI tidak serumit kasus korupsi lainnya yang ditangani Kejati. Saya yakin kasus ini bisa dilanjutkan tanpa BPKP,” kata Dandeni, Sabtu (1/11/2015) lalu.

Hasil penghitungan kerugian negara dari PBKP hanya satu di beberapa alat bukti terjadinya pidana korupsi. Bila ada bukti lain yang memperkuat adanya kerugian negara, kasus korupsi itu bisa dilanjutkan. Dalam beberapa kasus, pengadilan pun meloloskan berkas korupsi yang tidak dilampiri dokumen BPKP.

Dia mengakui tanpa dokumen BPKP ini rentan dipermasalahkan terdakwa saat persidangan. Agar tidak dijadikan celah mementalkan dakwaan, pihaknya akan menghitung sendiri kerugian negaranya.
Tapi Dandeni belum bisa memastikan kapan akan menghitung sendiri kerugian negara dalam kasus PT PAMI. Pihaknya masih menunggu BPKP merampungkan tugasnya sampai akhir tahun ini.

Bila BPKP belum merampungkan tugasnya sampai akhir tahun, baru pihaknya akan mengambil sikap. “Alternatifnya bisa menggunakan auditor swasta atau dihitung sendiri,” tambahnya. (Sozi)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas