Headlines News :
Home » , » Hakim PN Dumai Nyatakan Surat Dakwaan JPU Batal Demi Hukum

Hakim PN Dumai Nyatakan Surat Dakwaan JPU Batal Demi Hukum

Written By Harian Berantas on Wednesday, October 7, 2015 | 2:57:00 PM

HARIANBERANTAS, DUMAI - Terdakwa Ashari bin Musa yang didampingi Tim Kuasa Hukumnya dari Kantor Hukum ARR & LIS Law Office yang berkantor di gedung The City Tower Level 12-1N, Jl MH Thamrin No 81, Menteng, Jakarta Pusat telah menyampaikan eksepsi/keberatan dan jawaban atas surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum dengan nomor register perkara: PDM-197/DUMAI/08/2015 pada tanggal 8 September 2015 lalu dalam persidangan yang dibuka untuk umum.


Sebelumnya, JPU juga sudah terlebih dahulu membacakan surat dakwaan yang ditandatangani oleh Hasnah DH SH dalam persidangan pada tanggal 18 Agustus 2015 lalu.

Dalam surat dakwaannya, JPU telah mendakwa terdakwa Ashari bin Musa dengan dakwaan telah melanggar pasal 50 ayat (3) huruf (a) dan huruf (b) jo pasal 78 ayat (2) Undang-undang RI nomor 41  tahun 1999 tentang Kehutanan.

Namun pada sidang yang rencananya Majelis Hakim akan mengambil putusan atas surat dakwaan JPU dan Eksepsi atau keberatan Tim Kuasa Hukum Ashari itu sempat ditunda sehingga putusan tersebut baru bisa dibacakan pada Selasa 22 September 2015.

Majelis Hakim yang terdiri dari satu hakim ketua dan dua hakim anggota dalam persidangan saat membacakan hasil putusan berdasarkan hasil rapat musyawarah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Dumai telah menimbang,mengingat, memperhatikan dan mengadili perkara pidana dengan Nomor Register 381/Pid.Sus/ 2015/PN.Dum.

Putusan yang dibacakan langsung oleh Hakim Ketua Isnurul Samsul Arif SH yang juga sebagai Wakil Ketua PN Dumai menimbang bahwa keberatan Tim Penasehat Hukum terdakwa atas kewenangan PN Dumai memeriksa dan memutus perkara A quo serta ketidakcermatan penyusunan surat dakwaan oleh JPU sehingga bertentangan dengan syarat materil maka pemeriksaan perkara tidak dapat dilanjutkan.

Setelah hakim menimbang seluruh dakwaan yang disampaikan JPU dan eksepsi/ keberatan yang disampaikan tim Kuasa Hukum terdakwa Ashari, maka hakim mengambil keputusan untuk mengadili yaitu: 
“Menyatakan keberatan (eksepsi) dari tim Kuasa Hukum terdakwa Ashari bin Musa tersebut diterima: Menyatakan surat dakwaan JPU dengan nomor register perkara: PDM-197/DUMAI/08/2015 pada tanggal 8 September 2015 batal demi hukum: Memerintahkan agar terdakwa dibebaskan dari tahanan: mengembalikan berkas perkara kepada JPU: membebankan biaya perkara kepada negara. N/S

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas