Headlines News :
Home » » LSM KPK: Minta KAPOLRI tindak tegas Oknum Polda Riau,yang diduga menyalah gunakan Aset Negara

LSM KPK: Minta KAPOLRI tindak tegas Oknum Polda Riau,yang diduga menyalah gunakan Aset Negara

Written By Harian Berantas on Monday, September 7, 2015 | 11:29:00 AM

Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemberantas Korupsi (DPP LSM KPK) meminta Kapolri Menindak Oknum Anggota Polri yang bertugas di Polda Riau yang menggunakan Aset Negara berupa Mobnas (Mobil Dinas) untuk Kepentingan Pribadi.  

           TM - Oknum Polda Riau (tanda panah)      Mobnas yang digunakan saat dilokasi

Harianberantas,Pekanbaru - Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemberantas Korupsi (DPP LSM KPK), B.Naso menegaskan, pihaknya meminta dengan tegas Kepada Kapolri untuk menindak anggotanya yang bertugas di Polda Riau yang diduga berinisial TM (Kombes Tumpal Manik,red),  terkait dugaan penyalahgunaan wewenang yang menggunakan Fasilitas Negara demi kepentingan Pribadi. 

Pasalnya, berdasarkan hasil pemantauan media ini bersama tim LSM KPK di lapangan 6/9/2015 terlihat 1 (satu) unit mobil mewah milik polda riau unit sabhara terparkir dihalaman pos pengamanan lahan kelapa sawit yang di kendarai oleh berinisian TM (Kombes Tumpal Manik, red) seorang anggotanya yang sama-sama bertugas dipolda riau unit sabhara.

Menurut informasi, mobil mewah Jenis Pick Up berlogo Polri dengan nopol. 1429-IV yang merupakan milik polda riau unit Sabhara. Kuat dugaan mobil tersebut dimanfaatkan untuk mengangkut buah kelapa sawit milik pribadi Tm.

Berdasarkan informasi dari salah seorang warga setempat yang tdk mau ditulis jatirinya kepada media ini, mengatakan, bahwa selama ini  Tm, sering keluar masuk kelokasi lahan kelapa sawit miliknya untuk meengangkut berbagai jenis barang, seperti membawa miyak (BBM) dari luar dibawa kedalam dan menglansir buah sawit dari lokasi Perkebunan.

Sekretaris LSM KPK B.Naso saat dilokasi perkebunan kepada media ini mengatakan, mobil  milik Negara tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi selain kepentingan Negara. Menurut saya keberadaan mobil mewah milik polda riau unit sabhara itu, biasanya hanya digunakan saat patrol atau kepentingan Negara dan ada izinnya tidak sembarangan. 

Namun kita tidak tahu apakah ada izinnya  atau tidak. Saya harap , ini harus dipertanyakan. Kalau memang ada aturan mana yang mengaturnya dan apa dasarnya?. Nanti kita lihat tata cara penggunaan asset Negara oleh oknum-oknum pejabat Negara sejauh mana kewenangannya.

 yang apakakah memang setiap warga Negara berhak megajukan permohonan pengamanan dari kepolisian tapi saya kira in minta kepada kapolri untuk menindak kerdasarkan informasi tersebut Sekretaris LSM KPK B.Naso bersama media ini langsung turun mengecek kebenaran mobil dinas milik polda riau tersebut, alhasil, memang benar adanya, lalu langsung mewawancarai TM dan bersama anggotanya. TM mengatakan, saya kombes di polda riau, kalau mengenai kedatangan saya disini untuk melihat karyawan, karena disini saya memiliki sebidang lahan kelapa sawit kurang lebih + 100 hektar, biasalah kalau kita tidak langsung turun tangan kapan lagi dapat hasilnya. Dan sekaligus untuk membengking lahan ini, karena selama ini sedang dalam perkara dan setelah polda riau memenangkan perkara Praperadilan ditingkat pengadilan negeri pekanbaru mengenai gugatan atas SP3 Laporan H.Sulayman.

Sementara itu saat wartawan menanyakan berapa kali datang ke lokasi ini, mengatakan setiap minggu dan inipu cepat kita pulang, karena ada keperluan di kabupaten rokan hulu, sebenarnya saya sampai malam baru pulang, imbuhnya.

Sama halnya ketika ditanya kepada anggotanya yang tidak mau ditulis namanya, menuturkan bahwa kami datang kelokasi ini sekali seminggu kalau mobil ini memang tidak ada izinya dari polda, tapi karena pak Kombes tumpal manic Direktur shabara, jadi bapak itulah yang bertanggungjawab.Sampai berita ini diturukan, pihak Polda Riau belum dapat dihubungi, (Tim.)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas