Headlines News :
Home » , , » Ada Pihak Mau Obok-Obok IPDN Rohil

Ada Pihak Mau Obok-Obok IPDN Rohil

Written By Harian Berantas on Tuesday, July 7, 2015 | 2:13:00 PM

Rohil,(Harianberantas.co.id) ------ Setelah sebelumnya sempat meredam wacana pemindahan kampus IPDN Rohil, kini isu itu berembus lagi. Bahkan langsung keluar dari pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo. Alasannya karena adanya dugaan kasus Asusila yang terjadi di Kampus yang berdiri sejak 2011 silam itu.                 


Bupati Rokan Hilir H. Suyatno, A.Mp mengomentari dengan dingin isu ini dan menegaskan bahwa semua proses kegiatan perkuliahan masih berjalan dengan baik. "IPDN masih di Ujung Tanjung dan masih melakukan kegiatan dengan lancar dan aman," kata Bupati sembari memberikan perumpamaan, Selasa (7/7/15) di Bagansiapiapi.

Orang nomor satu di Rohil ini terlihat santai dan tersenyum saat ditanya adanya wacana pemindahan IPDN Rohil di Pekanbaru. "Kalau masalah itu yang jelas saya tegaskan masih di Ujung Tanjung dan tak ada masalah," kata Suyatno singkat.

Terkait hal ini katanya, keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Rohil menduga adanya pihak yang berniat untuk mengobok-obok agar Kampus untuk pendidikan Pamong itu dipindahkan dari Rokan Hilir.

"Sepertinya ada pihak yang mau mengobok-obok agar pindah, seperti isu sebelumnya yang juga sempat mencuat di publik dengan alasan lokasi tak strategis," kata ketua IKAPTK Rohil, Drs H Surya Arfan M.Si.

Bahkan ia menilai tidak pantas rasanya wacana pemindahan ini dikaitkan dengan dugaan kasus yang belum tahu kebenarannya. "Intinya kita pemkab masih mampu memfasilitasi dan sejauh ini semua kegiatan kampus berjalan dengan baik," kata Plt Sekdakab Rohil itu.

Jika seandainya dipindahkan di Pekanbaru, pertanyaannya apakah fasilitas yang dibutuhkan sudah memadai. Dulunya Pemkab Rohil berupaya mati-matian untuk memperjuangkan Kampus IPDN agar berdiri di Rokan Hilir. Bahkan Pemkab menunjukkan keseriusan dengan membangun kampus ini dengan baik dan indah. Jadi rasanya tak masuk akal apabila saat ini dinilai lokasinya tak strategis, padahal sudah melalui pengkajian oleh pihak kementrian saat itu.

"Ini kampus IPDN terbaik di Indonesia diluar Pulau Jawa, saat itu diresmikan pak Mendagri Gamawan fauzi," katanya. Terkait isu ini pemkab Rohil tak akan tinggal diam dan akan berupaya agar kampus ini tetap berada di Rokan Hilir.

"Seharusnya Kampus yang sudah ada dilakukan pembenahan, bukannya malah dipindah-pindahkan dengan alasan yang tidak masuk akal, kita akan berjuang agar kampus ini tetap berada di Rohil," tegas Surya Arfan.

Sementara itu dalam pesan singkat yang dikirimkan Direktur IPDN Kampus Rohil ke Pemkab Rohil menegaskan adanya tindakan asusila. Bahwa kasus pelanggaran disiplin praja putri atas nama Reyza Rizki Amanda (Utusan Jateng) dan Wiraning Ayu (Utusan Jatim) kedapatan pada awal 2015 semester I Madya Praja awal tahun penempatan mereka di Kampus Riau dari Kampus Jatinangor.

Melalui pemeriksaan dokter poliklinik IPDN secra rutin didapati bahwa paraja atas nama Reyza posisitf mengandung berkisar 3-4 bulan. Kemudian didalami melalui pemeriksaan internal keprajaan kampus riau. Yang bersangkutan mengakui sering berhubungan badan dengan beberapa praja putra dibergai tempat.

Selanjutnya pihak IPDN Rohil meneruskan ke kampus Jatinangor untuk diperiksa komisi disiplin dan setelah dikembangkan yang menawarkan Reyza ke beberapa prja pria adalah temannya Wiraning. Dari hasil itu terlibat sebanyak 9 orang dan dijatuhi sanksi hukuman skorsing dan pemberhentian dari rektor.

Selanjutnya dikembalikan kepada orang tuanya masing-masing melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing praja. Hasil komisi disiplin menunjukkan bahwa prilaku praja putri seperti kecanduan berhubungan intim sehingga beberpa praja pria jadi korban.

Untuk itulah kasus ini bukanlah merupakan pidana seperti yang beredar di publik. "Kalau saja petimbangan kasus asusila membuat IPDN harus pindah, sementara kasus lebih komplek di Jatinangor banyak didiamkan saja tentu ini ada tujuan lain yang ingin memindahkan kampus kebanggan masyarakat Rohil ini," kata Surya Arfan. (JUMARIS)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas